Arti Nama David, Sosok yang Disayangi Tiga Agama

27 Mei 2024 18:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi bayi bernama David. Foto: all_about_people/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi bernama David. Foto: all_about_people/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arti nama David ditemukan dalam bahasa Ibrani dan dikhususkan untuk anak laki-laki. Nama ini termasuk salah satu pilihan yang populer di Amerika Serikat, Moms.
ADVERTISEMENT
Menurut data Social Security Administration US, David masuk ke dalam peringkat 35 teratas sebagai nama anak laki-laki terpopuler sejak tahun 1880. Ketenaran nama ini terus meningkat hingga mencapai ranking pertama pada tahun 1960.
Nama David terus bertengger di jajaran 10 besar sampai tahun 1993. Data terakhir di tahun 2020 menunjukkan bahwa nama ini masih tergolong populer dan menempati peringkat 28.

Arti Nama David

Ilustrasi bayi bernama David. Foto: Akarat Phasura/Shutterstock
Merujuk buku Kitab Mini Nama Bayi yang ditulis Wahyu Untara, arti nama David adalah yang tercinta atau terkasih. Nama ini juga sering digunakan untuk memanggil paman.
Sementara itu, dalam buku Kamus Lengkap Nama Bayi: 9999 Nama Bayi Internasional dari Berbagai Bahasa Dilengkapi Artinya, Edisi Baru oleh Nailul HD, disebutkan bahwa David bisa berarti ‘terhormat’ dalam bahasa Ibrani. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bahasa, nama David merujuk pada seseorang yang disayangi dan dihormati.
ADVERTISEMENT
Selain memahami arti nama David secara harfiah, perlu diketahui pula bahwa nama ini merujuk pada satu tokoh yang dihormati dalam agama Kristen, Yahudi, dan Islam. Mengutip laman Very Well Family, akar kata David dalam bahasa Ibrani adalah dod atau Daud.
Daud merupakan raja kedua bangsa Israel yang disebutkan dalam Perjanjian Lama. Beliau terkenal dengan kisahnya yang berhasil mengalahkan raksasa Filistin Goliat menggunakan ketapel.
Bagi bangsa Yahudi, sosok Daud pun sangat istimewa dan dijadikan sebagai simbol Yudaisme. Pernah melihat simbol Yahudi yang bentuknya heksagram? Nah, simbol itu disebut sebagai Bintang Daud atau Perisai Daud, Moms.
Ilustrasi bayi bernama David. Foto: Shutterstock
Dalam Islam, Daud merupakan seorang raja Bani Israil sekaligus nabi Allah SWT. Menurut buku Tafsir Qashashi Jilid III susunan Syofyan Hadi, Nabi Daud a.s diketahui memiliki fisik yang sangat kuat serta kemampuan menakjubkan, yakni bisa melunakkan besi dengan tangannya.
ADVERTISEMENT
Nabi Daud a.s juga pribadi yang senantiasa bertaubat sehingga disebut sebagai ahli taubat. Beliau bahkan sering menangisi dosanya di masa lalu.
Tidak hanya itu, raja yang diagungkan bangsanya ini sering sekali memuja kebesaran Allah SWT. Bahkan disebutkan dalam Al-Quran bahwa gunung-gunung ikut bertasbih dengannya setiap pagi dan petang.
“Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi. Dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah. Dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.” (QS. Shad: 18-20)
Moms, makna nama David yang sangat mendalam ini bisa Anda gunakan jika mengharapkan si kecil tumbuh menjadi pemimpin yang dicintai karena kebijaksanaannya. Beberapa varian nama David yang bisa dijadikan alternatif adalah Daihbi (Irlandia), Daud (Arab), Davito (Spanyol), Daveed (Rusia), dan Dewey (Welsh).
ADVERTISEMENT