Mom
·
23 Juni 2020 8:07

Bayi Demam, Boleh Tetap Imunisasi atau Tunda Dulu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bayi Demam, Boleh Tetap Imunisasi atau Tunda Dulu?  (3732)
Ilustrasi Imunisasi. Foto: Shutter Stock
Imunisasi sangat penting diberikan pada bayi dan anak sesuai jadwal untuk mencegahnya terhindar dari penyakit berbahaya dan bahkan mematikan. Ya Moms, imunisasi membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dalam melawan virus penyebab penyakit.
ADVERTISEMENT
Namun, bagaimana jika saat jadwalnya imunisasi, si kecil malah demam? Apakah pemberian vaksin boleh dilanjutkan atau ditunda dulu?
Dokter Spesialis Anak, dr. Triana Darmayanti, SpA, dalam penjelasannya di Youtube Official PrimaKu dengan topik 'Mengatasi Demam di Rumah', menjelaskan bila Anak Anda sedang demam, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan suhu tubuhnya terlebih dahulu.
Bayi Demam, Boleh Tetap Imunisasi atau Tunda Dulu?  (3733)
Bayi mendapat imunisasi. Foto: Shutterstock
Ya Moms, jika hanya demam ringan, dr. Triana mengatakan anak Anda tetap boleh imunisasi. Namun, jika demam si kecil tinggi, maka lebih baik menunda imunisasi.
"Iya sebetulnya demam kalau tidak tinggi itu bukan pantangan untuk imunisasi. Tapi memang ada beberapa vaksin efek sampingnya sendiri demam. Jadi kembalikan ke dokter anak Anda, tanyakan apakah vaksin yang akan diberikan ini ada efek samping demam," ujar dr. Triana.
ADVERTISEMENT
dr. Triana menjelaskan apabila efek samping imunisasi adalah demam dan anak Anda juga sedang demam tinggi, maka ditunda saja, sebab hal itu justru bisa membuat vaksin tidak diserap tubuh dengan baik. Selain itu, kondisi itu dikhawatirkan bisa menambah rasa sakit dan nyeri pada seluruh bagian tubuh anak.
"Karena nanti kalau ada efek samping demam, saat anaknya demam kita jadi bingung ini efek samping dari imunisasi atau efek samping dari obatnya. Menilai sudah sembuh apa belum kita juga bingung, Karena mix up," ujarnya.
Nah Moms, bila tidak mendesak, Anda bisa menunda jadwal pemberian vaksin bila ia sedang demam. Hal itu dilakukan agar vaksin yang diberikan bisa bekerja secara maksimal pada tubuh bayi. Pastikan juga Anda sudah berkonsultasi dengan dokter anak Anda sebelum mengambil keputusan ya, Moms.
ADVERTISEMENT
"Mungkin tidak berbahaya tapi dikhawatirkan tidak optimal respons imunnya karena dia sudah fokus menghadapi infeksi di badannya dan badannya juga sedang tidak fit," ujarnya.
Oleh karena itu, sebelum membawa anak imunisasi, pastikan ia dalam kondisi yang sehat ya, Moms. Dengan begitu, efek dari vaksin bisa bekerja optimal pada tubuhnya.