kumparan
13 Oktober 2019 17:03

Benarkah Minum Air Rumput Fatimah Bisa Melancarkan Proses Melahirkan?

Ilustrasi Rumput Fatimah. Foto: Dok. Shutterstock
Tak semua ibu, melahirkan sesuai dengan tanggal perkiraan lahir yang diinformasikan dokter. Ada ibu yang melahirkan lebih cepat dari tanggal perkiraan lahir yang telah ditentukan. Namun, ada juga yang belum melahirkan setelah tanggal perkiraan, karena bayi tampaknya masih betah di dalam rahim.
ADVERTISEMENT
Bila sudah seperti ini, banyak ibu yang percaya untuk melakukan hal-hal yang bersifat tradisional untuk mempercepat proses melahirkan. Salah satunya adalah minum air rendaman rumput fatimah.
Ya Moms, para leluhur percaya, rumput fatimah bisa mempercepat proses persalinan. Tapi benarkah hal itu?
Menurut dr. Dinda Derdameisya, SpOG, minum rendaman rumput fatimah ternyata memang terbukti bisa meningkatkan kontraksi otot rahim yang bisa membantu mempercepat proses melahirkan, Moms. Efeknya mirip seperti oksitosin yang merupakan sebuah obat yang biasa digunakan oleh dokter untuk membantu meningkatkan kontraksi saat merangsang proses persalinan.
"Rumput fatimah sebenarnya isinya adalah kontraksi ya, bisa memicu kontraksi," ujar dr. Dinda saat dihubungi kumparanMOM, Minggu (13/10).
Ilustrasi ibu hamil akan melahirkan. Foto: Shutterstock
Meski memang benar bahwa mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah bisa memicu kontraksi untuk mempercepat proses persalinan, namun dokter kandungan yang praktik di RS Brawijaya Jakarta ini melarang keras ibu hamil untuk mengkonsumsinya, Moms.
ADVERTISEMENT
"Kita melarang untuk memberikan rumput fatimah pada ibu hamil yang sedang menjalani proses persalinan. Justru kalau mau memberikan rumput fatimah sebaiknya setelah bayi itu lahir," kata dr. Dinda.
Hal ini dikarenakan kadar zat aktif dalam rumput fatimah sulit diukur. Sehingga kontraksi yang muncul akibat mengkonsumsi air rendaman rumput ini tidak terkontrol dengan baik atau justru mengalami kontraksi berlebih yang berisiko membahayakan keselamatan ibu dan janin, Moms.
Ilustrasi Rumput Fatimah. Foto: Dok. Shutterstock
"Karena apa, kontraksi yang dipicu oleh rumput fatimah itu tidak dapat terkontrol akan membahayakan janin dapat mempercepat persalinan, tapi bahaya. Pembukaan cepat tapi terjadi robekan yang tidak diinginkan," katanya.
Jadi, bagi Anda yang berencana mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah untuk membantu melancarkan proses melahirkan, sebaiknya urungkan niat tersebut, Moms. Jika menemui masalah jelang melahirkan, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan, agar lebih aman untuk Anda dan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan