Benarkah Rajin Minum Teh Bisa Tingkatkan Kesuburan Suami Istri?

31 Oktober 2022 14:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi minum teh. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi minum teh. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setelah menikah, pasangan suami istri mungkin ingin segera cepat hamil. Sayangnya, tak semua wanita bisa langsung cepat hamil. Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penghambatnya. Mulai dari masalah infertilitas, kualitas sel sperma dan telur, hingga asupan nutrisi harian.
ADVERTISEMENT
Umumnya, masalah kesuburan tersebut perlu dikonsultasikan dengan dokter untuk mengatasinya. Namun ada beberapa cara alami yang juga bisa dicoba sebagai usaha untuk meningkatkan kesuburan, baik pada suami maupun istri. Nah Moms, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rajin minum teh. Tapi, benarkah demikian?

Hubungan Antara Rajin Minum Teh dan Masalah Kesuburan

wanita minum teh Foto: Shutterstock
Ya Moms, tidak sedikit orang percaya bahwa teh dapat membantu meningkatkan kesuburan atau peluang hamil. Oleh karena itu, beberapa jenis teh yang dijual dipasaran kerap disebut sebagai teh kesuburan.
Dikutip dari Baby Gaga, teh kesuburan bekerja dengan cara melepaskan senyawanya dalam seduhan air hangat. Teh ini sering terbuat dari kombinasi berbagai jenis herbal yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, teh kesuburan juga dapat membantu meningkatkan gairah seks, mengencangkan rahim, menyeimbangkan kadar hormon, dan meningkatkan nutrisi harian Anda dan suami.
ADVERTISEMENT
Lantas, jenis teh apa saja yang biasanya dianggap sebagai teh kesuburan? Ya, beberapa di antaranya adalah teh hijau, teh chasteberry, teh melati, dan teh daun raspberry merah.
Ilustrasi teh hijau. Foto: Shutterstock
Namun sayangnya, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang efek samping teh kesuburan pada wanita dan pria. Sebab sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi teh chasteberry saat menjalani program bayi tabung dapat meningkatkan risiko hiperstimulasi ovarium.
Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, sebaiknya Anda dan suami tetap melakukan cara-cara alami lainnya yang sudah terbukti dapat meningkatkan kesuburan agar peluang hamil menjadi lebih besar. Mulai dari mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, asam folat dan zinc, rutin melakukan olahraga, mengelola stres dengan baik, dan menghindari konsumsi makanan berlemak dan minuman alkohol.
ADVERTISEMENT