Mom
·
26 November 2020 17:31

Benarkah Susu Formula Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Benarkah Susu Formula Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama? (65901)
Benarkah Susu Formula Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Lelap? Foto: Shutterstock
Di dunia ini, tidak ada susu formula yang dapat menandingi kualitas ASI. Itulah kenapa, WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan bayi diberi ASI sebagai satu-satunya makanan pokok selama 6 bulan pertama dan pemberiannya bisa dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Ya Moms, berbagai penelitian sudah membuktikan, ASI adalah makanan terbaik dan paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.
ADVERTISEMENT
Pemberian susu formula pada bayi pun tidak boleh sembarangan. Sebaiknya susu formula diberikan hanya bila ada indikasi medis yang menyebabkan bayi tidak bisa diberi ASI.
Namun tak dapat dipungkiri, sebagian ibu tertarik untuk memberi bayinya susu formula karena iklan atau manfaat kandungan yang menggiurkan. Salah satunya, soal anggapan bahwa susu formula dapat membuat bayi tidur lebih lelap dan lama.
Benarkah hal ini?

Susu Formula Membuat Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama

Benarkah Susu Formula Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama? (65902)
Susu Formula Membuat Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama Foto: Shutterstock
Kepada kumparanMOM, dr Galih Linggar Astu, dokter spesialis anak dari Brawijaya Hospital, Depok, membenarkan pernyataan tersebut. Namun bukan berarti hal itu positif lho, Moms!
dr Galih menjelaskan alasannya, susu formula cenderung akan mengendap pada lambung sehingga membuat bayi kenyang lebih lama dibandingkan setelah minum ASI. Alhasil bayi tidak rewel dan dapat tidur lebih lama.
ADVERTISEMENT
Namun Moms, kenyang yang dihasilkan dari susu formula adalah ‘kenyang palsu’. Sebab endapan di lambung juga berarti nutrisi pada susu formula tidak terserap sempurna.
“Banyak kandungan susu formula yang tak terserap dan jadi residu. Dia kenyang palsu sehingga anak bisa tidur selama 3-4 jam. Sementara kalau ASI, sebagian besar terserap sempurna. Karena gampang diserap, lambungnya cepat kosong, dua jam bayi sudah minta lagi,” jelas dr Galih.

Cara Buktikan Adanya Endapan pada Susu Formula

Benarkah Susu Formula Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Lelap dan Lama? (65903)
Cara Buktikan Adanya Endapan pada Susu Formula Foto: Shutterstock
Endapan pada susu formula ini juga bisa Anda buktikan sendiri, lho. Caranya, coba campurkan susu formula bubuk dengan air lalu diamkan selama dua jam. Pasti ada endapan yang muncul di dasar gelas.
Endapan ini jugalah yang terjadi pada lambung bayi. Itulah yang membuat bayi merasa kenyang 'palsu', karena tak semua nutrisi susu formula terserap oleh tubuh dan tidur lebih lama.
ADVERTISEMENT