kumparan
16 November 2019 14:10

Berapa Kebutuhan Kalori di Trimester Ketiga Kehamilan?

Aneka Sayuran Sumber Kalori PTR Foto: Shutterstock
Memasuki trimester ketiga, ibu hamil butuh asupan energi yang memadai. Hal itu karena, tubuh Anda harus dipersiapkan untuk proses persalinan, Moms. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan kalori, yaitu jumlah energi yang berasal dari makanan atau minuman.
ADVERTISEMENT
Ya, kalori bisa didapat dari zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Jadi sebenarnya, apapun yang masuk ke tubuh Anda mengandung kalori, hanya saja takarannya yang berbeda-beda.
Lantas, apa sebenarnya fungsi kalori? Kalori digunakan untuk tubuh sebagai bahan bakar agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Kalori juga berguna untuk pembentukan sel tubuh, pergerakan otot-otot tubuh, mempertahankan suhu tubuh, hingga menunjang pertumbuhan janin dan plasenta.
com-Buah dan sayuran. Foto: Shutterstock
Meski penting untuk tubuh, jangan sampai Anda mengkonsumsi kalori berlebihan, Moms. Hal itu bisa membuat ibu hamil obesitas, sehingga mempengaruhi kesehatan Anda dan janin.
Lantas berapa banyak kebutuhan kalori untuk ibu hamil di trimester ketiga? Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, dr. Bram Pradipta, SpOG MARS menjelaskan bahwa kebutuhan kalori pada ibu hamil di trimester ketiga adalah 450 kalori per hari.
ADVERTISEMENT
“Trimester pertama tidak berbeda jauh (dari sebelum hamil) nah trimester kedua naik jadi 340 lalu trimester 3 naik lagi 450 kalori per hari sesuai kebutuhannya,” kata dr Bram dalam acara Moms Minggle belum lama ini.
Ibu Hamil Periksa Berat Badan Foto: Shutterstock
Meski begitu dalam pemaparannya, dr Bram menjelaskan, kebutuhan kalori pada setiap ibu hamil berbeda-beda. Hal itu sangat tergantung pada pertimbangan Body Mass Index (BMI) sebelum hamil, usia, rate pertambahan, berat badan, laju pertumbuhan fisiologis serta usia, Moms.
Jadi, pastikan betul bahwa Anda mendapat cukup kalori di trimester ketiga kehamilan, yang artinya tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Jika ibu hamil kekurangan kalori, nantinya tubuh akan menggunakan cadangan energi dalam tubuh, Moms. Alhasil lemak cadangan semakin menipis dan membuat berat badan menjadi turun.
ADVERTISEMENT