kumparan
search-gray
Mom11 Februari 2018 11:28

Bingung Makan Buah Apa Saat Hamil? Semangka Jawabannya!

Konten Redaksi kumparan
Bingung Makan Buah Apa Saat Hamil? Semangka Jawabannya! (28471)
Semangka (Foto: Pixabay)
Semangka merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis. Semangka juga membawa segudang manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali untuk ibu hamil yang mengonsumsinya.
ADVERTISEMENT
Ada yang mengatakan, kalau ibu hamil makan semangka maka bayinya kelak akan lahir dengan berat yang rendah. Ini cuma mitos, Moms! Faktanya, semangka jutsru bermanfaaat bagi ibu hamil maupun bagi si janin.
Dikutip dari laman Mom Junction, semangka bisa meredakan nyeri di perut ketika hamil. Wanita hamil umumnya menderita masalah pencernaan seperti mulas dan asam lambung.
Kedua, semangka bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi saat hamil. Bengkak di tangan dan kaki memang biasa terjadi, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Kandungan air yang tinggi dalam semangka bisa mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan otot, sehingga bisa mengurangi pembengkakan.
Ketiga, semangka bisa membantu Anda mengatasi rasa mual saat hamil. Minum segelas jus semangka segar setiap pagi merupakan tindakan yang cermat selama kehamilan. Semangka memiliki kandungan ‘penenang’ yang bisa mencegah rasa mual datang sepanjang hari.
ADVERTISEMENT
Keempat, kandungan air dalam semangka juga baik untuk hidrasi tubuh. Dehidrasi pada ibu hamil bisa menyebabkan kontraksi yang menyiksa dan kelahiran yang prematur.
Kelima, semangka juga berfungsi untuk meredakan kram otot. Tubuh wanita hamil mengalami banyak perubahan. Meningkatnya berat dan hormon berfluktuasi dapat menyebabkan rasa sakit pada otot dan tulang.
Keenam, semangka dapat meningkatkan efek Diuretik dan Detoksifikasi karena dapat membantu membuang racun berbahaya dari tubuh. Hal ini juga merangsang fungsi ginjal dan membersihkan hati dan mengurangi kasar asam urat dalam darah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white