kumparan
12 September 2019 13:00

Bolehkah Ibu Hamil Diet?

Ibu hamil makan sehat
Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Ibu hamil pasti mengalami banyak perubahan fisik, mulai dari perubahan payudara, gusi mudah berdarah, lebih sering berjerawat, kerap kali buang air kecil hingga mengalami kenaikan berat badan. Ya Moms, kenaikan berat badan bisa jadi membuat ibu hamil tidak percaya diri dengan penampilannya.
ADVERTISEMENT
Naiknya timbangan saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar karena meningkatnya cairan ketuban, volume rahim yang kian membesar, meningkatnya jumlah cairan tubuh, berat bayi dalam kandungan yang terus naik, volume darah yang meningkat, hingga payudara yang membesar.
Kenaikan berat badan itu, tak jarang membuat ibu hamil ingin diet. Tapi, amankah?
Ibu hamil makan buah
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
Dilansir laman Baby Center, Jennifer Shu dokter anak yang praktik di Atlanta ternyata tidak merekomendasikannya, karena hamil bukan lah waktu yang tepat untuk melakukan diet.
American Pregnancy Association juga menjelaskan bahwa makan merupakan hal yang penting untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil harus mendapatkan nutrisi dari buah, sayur, biji-bijian, protein, serta mendapatkan 300 kalori dalam sehari.
ADVERTISEMENT
Shu menambahkan bila ibu hamil melakukan diet, ada risiko yang bisa mengancam bayi yang dikandungnya. Ya Moms, bayi akan berisiko kekurangan gizi serta kehilangan nutrisi penting seperti zat besi, asam folat, vitamin, hingga mineral.
Ibu hamil makan kurma.
Ibu hamil makan kurma. Foto: Shutterstock
Maka dari itu, daripada melakukan diet, lebih baik Anda mengalihkannya dengan makanan sehat. Cara ini dianggap ampuh untuk memastikan berat badan tidak naik namun nutrisi tetap aman, baik untuk ibu atau bayi dalam kandungan.
Bagi ibu hamil yang ingin menurunkan berat badan tanpa kehilangan gizi, American Pregnancy Association merekomendasikan untuk menjalani diet sehat dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Diet sehat yang dimaksud bukanlah mengurangi makanan yang dikonsumsi, melainkan memperbaiki kebiasan makan dengan nustrisi yang mencukupi kebutuhan ibu dan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama hamil, pastikan Anda juga melakukan olahraga teratur, hindari minuman bersoda serta makanan cepat saji agar hasilnya maksimal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan