kumparan
10 Oktober 2019 8:32

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan dengan MSG?

MSG Foto: Shutter Stock
Semua orang termasuk ibu hamil kerap menambahkan berbagai perasa ke dalam makanannya. Tuang kecap, saus, lada, garam, hingga gula, kemudian aduk dengan harap makanannya makin nikmat disantap.
ADVERTISEMENT
Namun bagaimana dengan MSG atau micin? apakah ibu hamil tetap aman untuk mengonsumsinya?
Monosodium aglutinat alias MSG merupakan bahan penambah rasa yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Zat makanan ini kerap digunakan untuk penyedap rasa masakan keluarga atau bahkan di makanan kalengan.
Mengutip laman Baby Center, Keli Hawthorne, MS, RD, LD, Direktur Penelitian Klinis Departemen Pediatri di Dell Medical School The University of Texas, Austin, menuturkan bahwa ibu hamil boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan dengan MSG, Moms.
MSG atau micin Foto: Shutter Stock
Dikutip dari Mayo Clinic, Food and Drug Administration (FDA) juga telah mengklasifikasikan bahwa MSG merupakan bahan makanan yang aman. Namun, untuk penggunaanya memang masih kontroversial. Selain itu, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa MSG memiliki efek buruk pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
ADVERTISEMENT
Tapi, dalam beberapa kasus, kehamilan nyatanya memang dapat menyebabkan perubahan hormon. Perubahan hormon itu bisa jadi membuat Anda mudah mual, muntah, hingga pusing sehabis mengkonsumsi makanan. Jadi, jika setelah mengkonsumsi makanan dengan MSG, Anda merasakan gejala-gejala itu, maka hentikan, Moms.
Oleh karena itu, Anda sebaiknya membatasi asupan makanan dengan MSG, Moms. Mom Junction melaporkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi MSG secara berlebihan dapat mempengaruhi kehamilan.
MSG atau micin Foto: Shutter Stock
Memang di Indonesia belum ada takaran pasti penggunaan MSG yang dianjurkan setiap harinya. Tapi beberapa negara maju membatasi konsumsi MSG melalui makanan yang aman adalah 0,3 – 1 gram per hari.
Penting untuk diketahui bahwa MSG mengandung natrium dan sodium. Nah Moms, mengkonsumsi natrium dan sodium secara berlebihan bisa meningkatkan potensi tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa berujung pada preeklampsia pada kehamilan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, meski tidak berbahaya, MSG tidak mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Jadi, agar Anda dan bayi sehat, biasakanlah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi saat hamil, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan