Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Santan?

27 Juli 2021 12:01
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Memasak santan Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Memasak santan Foto: Shutter Stock
Sudah menjadi rahasia umum apabila Indonesia kaya akan ragam makanan yang diolah dengan santan. Makanan bersantan ini tak hanya hadir pada perayaan tertentu, tapi juga bisa menjadi hidangan sehari-hari.
Mulai dari opor ayam, sayur lodeh, gulai, hingga rendang sering kali kita temui di keluarga. Tak ada yang bisa menolak kelezatan makanan tersebut, termasuk ibu hamil. Apakah Anda setuju?
Ya Moms, ibu hamil memang diharuskan jeli untuk memilih makanan yang dikonsumsi. Sebab, apa pun yang mereka makan dapat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungan. Lantas, bagaimana dengan santan? Apakah ibu hamil boleh makan santan?

Penjelasan soal Boleh Tidaknya Ibu Hamil Makan Santan

Memasak santan Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Memasak santan Foto: Shutter Stock
Dikutip dari Pregnancy Food Checker, kelapa memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kesehatan ibu dan bayi yang belum lahir. Oleh karenanya, santan termasuk aman dikonsumsi selama kehamilan asalkan tidak berlebihan. Ibu hamil bisa mengonsumsi santan secara langsung, atau menggunakannya untuk memasak.
Menurut Journal of Nutrition and Metabolism, santan merupakan sumber lemak sehat yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Hal ini tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
Sementara menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu cangkir santan memiliki rata-rata 360 kalori dan 36 g lemak. Karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi atau menggunakan santan secukupnya dan tidak terlalu sering.
Dikutip dari Being The Parent, terdapat beberapa manfaat santan yang baik untuk ibu hamil seperti berikut ini:

Manfaat Santan untuk Ibu Hamil

1. Sumber serat
Ilustrasi makanan sehat untuk ibu hamil. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan sehat untuk ibu hamil. Foto: Shutter Stock
Santan kelapa diperkaya dengan mineral, vitamin dan serat yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, santan dapat membantu dalam pencegahan kehilangan darah, infeksi saluran kemih (ISK), mual, dan kaki bengkak saat hamil.
2. Sumber lemak baik
Santan memiliki kandungan lemak baik, yang dapat membantu membuang racun dari tubuh. Santan merupakan pilihan ideal bagi ibu hamil, karena dapat membantu pertumbuhan bayi yang sehat.
3. Baik untuk produksi ASI
Penelitian menunjukkan bahwa, mengkonsumsi kelapa, santan, hingga minyak kelapa selama kehamilan baik untuk ibu hamil. Sebab, hal itu bisa menyiapkan produksi ASI setelah melahirkan nanti. Hal ini karena kelapa mengandung asam laurat, yang merupakan komponen penyusun penting dari ASI.