Mom
·
13 Februari 2021 8:50

Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12304)
searchPerbesar
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB. Foto: Shutterstock
Beberapa buah untuk ibu hamil punya banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Bahkan, buah-buahan tertentu bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB) saat hamil.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, konstipasi atau sembelit merupakan penyakit yang kerap terjadi pada ibu hamil. Kondisi itu, tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit perut, sulit buang air besar bahkan feses menjadi keras.
Namun, seperti dikutip dari Healthline, sembelit memang lumrah terjadi selama kehamilan. Bahkan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, hampir tiga dari empat wanita hamil mengalami sembelit dan masalah usus lainnya.
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12305)
searchPerbesar
ibu hamil sakit perut. Foto: Shutterstock
American Pregnancy Association melansir, salah satu penyebab susah BAB adalah hormon progesteron. Biasanya saat hamil, jumlah hormon progesteron meningkat sehingga membuat jaringan-jaringan otot pada sistem pencernaan lebih rileks.
Dampaknya, tubuh Anda akan mencerna makanan lebih lambat dari biasanya. Jadi, semakin lama makanan bertahan di dalam usus, maka semakin banyak air yang terserap kembali ke tubuh, feses lebih padat dan susah dikeluarkan. Selain itu kurang mengonsumsi serat juga bisa jadi penyebab Anda susah BAB, Moms.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa rutin mengonsumsi beberapa buah ini.

5 Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB

1. Buah Naga
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12306)
searchPerbesar
Manfaat buah naga untuk ibu hamil. Foto: Pixabay
Buah naga terkenal ampuh untuk mengatasi gangguan susah BAB, termasuk saat hamil. Buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin A dan C yang baik untuk membangun kekebalan tubuh.
Selain itu, jumlah serat pada buah naga juga cukup tinggi. Hal itulah yang membuat buah berkulit merah ini mampu memperlancar pergerakan usus dan mengatasi sembelit.
Sebuah studi yang diterbitkan FoodChemistry pun mengatakan bahwa buah naga mengandung probiotik, sehingga mampu mendorong pertumbuhan dua bakteri baik seperti bakteri asam laktat dan bifidobacteria.
2. Pisang
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12307)
searchPerbesar
Pisang untuk ibu hamil. Foto: Unsplash/ @dorner
Pisang yang harganya relatif terjangkau dan mudah ditemui juga dapat membantu mengatasi sembelit saat hamil. Buah berkulit kuning ini memiliki serat yang ampuh untuk melancarkan BAB, mengurangi risiko perasangan usus, serta bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.
ADVERTISEMENT
3. Pepaya
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12308)
searchPerbesar
Ilustrasi Pepaya Foto: Shutterstock/Seksun Guntanid
Pepaya juga merupakan buah yang sudah terkenal bisa mengatasi masalah sembelit. Sebab, buah ini mengandung enzim papain yang membuat protein jadi lebih mudah dicerna.
Meski begitu, jangan berlebihan juga dalam mengonsumsi pepaya, apalagi di trimester ketiga kehamilan, Moms. Ya, buah ini ternyata mengandung getah yang cukup tinggi, sehingga bila dimakan terlalu banyak, dikhawatirkan bisa memicu kontraksi sebelum waktu melahirkan tiba.
4. Apel
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12309)
searchPerbesar
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
Kandungan serat yang tinggi juga membuat buah apel bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Terutama apel merah, karena punya serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel lainnya.
Selain dikonsumsi langsung, apel dapat dijadikan jus, dijadikan campuran salad hingga diolah jadi berbagai jenis kue.
ADVERTISEMENT
5. Kiwi
Buah untuk Ibu Hamil yang Susah BAB (12310)
searchPerbesar
Ilustrasi buah kiwi. Foto: Pixabay
Kiwi adalah buah yang tinggi serat dan rendah gula. Itulah kenapa, buah berwarna hijau ini bisa jadi buah untuk ibu hamil yang mengalami masalah sembelit atau susah BAB saat hamil.
Selain tinggi serat, buah kiwi juga merupakan sumber vitamin C, serta serotonis yang berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.