Mom
·
21 Februari 2021 8:03

Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553451)
searchPerbesar
bayi makan buah naga Foto: Shutterstock
MPASI bayi 6 bulan harus memenuhi kebutuhan gizi seimbang si kecil. Mulai dari pemenuhan karbohidrat, protein, hingga vitamin dan serat yang biasanya didapat dari buah-buahan. Ya Moms, sejak usia 6 bulan, Anda boleh memberikan bayi buah dengan mengolahnya menjadi puree.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan jenis buah yang akan diberikan untuk MPASI bayi 6 bulan. Sebab, tak semua jenis buah boleh dikonsumsi di masa awal MPASI bayi. Jadi, jangan sampai buah yang Anda pilih justru malah menimbulkan masalah pencernaan untuk si kecil ya, Moms.
Jika Anda masih bingung buah apa yang bagus diberikan untuk MPASI bayi 6 bulan, berikut ini kumparanMOM akan memberikan daftarnya untuk Anda.

5 Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan

1. Alpukat
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553452)
searchPerbesar
Ilustrasi bayi makan alpukat. Foto: Getyy Images
Alpukat bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang ingin mengenalkan makanan padat kepada bayi usia 6 bulan. Alpukat mempunyai tekstur yang lembut sehingga menjadi bahan MPASI yang mudah dicerna oleh bayi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, alpukat juga dikenal mengandung vitamin C, E, dan K, Vitamin B, magnesium, seng, dan mangan. Kandungan kalori yang cukup tinggi dan lemak sehat di dalam alpukat dapat membantu meningkatkan berat badan bayi.
2. Apel
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553453)
searchPerbesar
Biji buah apel berbahaya Foto: thinkstock
Dikutip dari Mom Junction, apel dikenal mengandung serat, magnesium, fosfor, vitamin C dan folat yang baik untuk kesehatan bayi. Selain itu, apel juga kaya akan beberapa mikronutrien, serat makanan dan fitokimia seperti quercetin, catechin, phloridzin dan asam klorogenat.
Semua fitokimia ini memiliki sifat antioksidan yang kuat. Bayi yang lebih rutin mengonsumsi apel mempunyai risiko kecil terhadap obesitas dan mempunyai kesehatan usus yang baik.
Nah Moms, Anda bisa mengukus apel terlebih dahulu untuk melumatkannya. Setelah itu, barulah diolah menjadi puree apel.
ADVERTISEMENT
3. Pir
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553454)
searchPerbesar
makanan bayi dari buah pir Foto: Shutterstock
Pir merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi dan bisa diolah menjadi MPASI bayi 6 bulan. Buah pir mengandung tinggi serat, kalium dan vitamin C. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah pir dapat membantu mengurangi risiko kanker dan serangan jantung.
Dengan mengonsumsi buah pir akan membantu bayi untuk mempertahankan kadar kolesterol sehat dan mencegah masalah sembelit. Sama seperti apel, Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu agar lebih lumat.
4. Pisang
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553455)
searchPerbesar
Ilustrasi puree pisang. Foto: Shutterstock
Pisang merupakan makanan yang kaya akan manfaat, tak terkecuali untuk bayi yang baru memasuki masa MPASI. Mengutip Healthy Babies, pisang mengandung serat yang tinggi, kaya akan vitamin B6, B2 dan vitamin C. Kandungan serat dan teksturnya yang lembut sangat ramah untuk pencernaan bayi sehingga dapat mengatasi masalah sembelit.
ADVERTISEMENT
5. Persik
Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan (553456)
searchPerbesar
Ilustrasi makanan bayi yang terbuat dari buah persik Foto: Shutterstock
Buah persik memang dikenal mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari serat, kalsium, vitamin C, kolin, vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B, tinggi asam folat, dan fosfor. Ya Moms, buah yang memiliki kandungan air tinggi ini bagus diberikan untuk MPASI bayi 6 bulan karena dapat mengatasi sembelit pada bayi. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga baik untuk perkembangan dan kesehatan mata bayi Anda.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis