kumparan
search-gray
Mom30 Juli 2020 13:55

Cara Alyssa Soebandono Hadapi Anak-anaknya saat Bertengkar

Konten Redaksi kumparan
Cara Alyssa Soebandono Hadapi Anak-anaknya saat Bertengkar (1244514)
Cara Alyssa Soebandono Hadapi Anak-anaknya saat Bertengkar. Foto: Instagram/@ichasoebandono
Orang tua mana yang tak bahagia jika melihat anak mereka bisa hidup kompak dan akur alias rukun. Namun tak dapat dipungkiri jika hubungan kakak beradik, kadang kala 'dibumbui' pertengkaran dengan masalah-masalah, yang mungkin terlihat sepele. Kondisi ini lantas membuat orang tua pusing, bahkan bisa memicu emosi.
ADVERTISEMENT
Namun Moms, sebenarnya pertengkaran antara kakak beradik adalah sebuah hal yang wajar. Salah satu selebriti Tanah Air Alyssa Soebandono pun mengaku pernah menghadapi dua anak laki-lakinya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino bertengkar. Cerita ini pun dibagikan Alyssa melalui salah satu unggahannya di Instagram. Hal ini dilakukan, lantaran ia kerap mendapatkan komentar atau direct message di Instagram pribadinya yang rata-rata bertanya apakah anak-anaknya itu pernah bertengkar. Kemudian, ia pun menjawab bahwa dua anaknya itu pernah bertengkar dan bahkan cukup sering.
Cara Alyssa Soebandono Hadapi Anak-anaknya saat Bertengkar (1244515)
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono merayakan Lebaran di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (5/6). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan

Cerita Alyssa Soebandono tentang Dua Anak Laki-lakinya saat Bertengkar

Istri dari Dude Harlino ini mengungkapkan masalah pertengkaran yang dihadapi Rendra dan Malik --sapaan akrab dua anak Alyssa itu-- yang biasanya terkait hal sepele. Mulai dari rebutan mainan hingga berujung tarik-tarikan dan keduanya tak ada yang mau mengalah.
ADVERTISEMENT
"Ya bisa (bertengkar) karena mereka kakak adik. Layaknya saudara yang lain, gemar berseteru karena hal yang (sangat) sepele. Dan kalau sudah nangis, buat 1 rumah jadi heboh," tulis Alyssa Soebandono dalam unggahannya di Instagram beberapa waktu lalu.
Sebagai orang tua, baik Alyssa maupun sang suami, Dude, selalu berusaha untuk mengatasi pertengkaran antara dua anaknya itu. Menariknya lagi, keduanya bertekan untuk selalu bersikap adil pada sang kakak maupun sang adik. Pasangan suami istri ini mencoba mempraktikkan berbagai teori yang didapat entah melalui buku, internet, maupun para ahli.
Kemudian, ibu berusia 28 tahun ini berpesan kepada para orang tua agar tak serta-merta menerapkan juga apa yang ia lakukan pada anak-anaknya. Sebab, setiap anak memiliki perbedaan. Begitu pula dengan dua anak laki-laki Alyssa Soebandono, Rendra dan Malik.
ADVERTISEMENT
"Meski saudara kandung, cara mendidik mereka pun sesuai dengan karakternya tersendiri... dan aku? Jauh dari kata sempurna," tuturnya.
Cara Alyssa Soebandono Hadapi Anak-anaknya saat Bertengkar (1244516)
Dude harlino dan Alyssa Soebandono ditemui di ‘nussa ukhuwah show’. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Namun, ia menambahkan bahwa misinya tentu akan sama dengan para orang tua lainnya, yaitu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Akan tetapi, cara yang dilakukan Alyssa mungkin saja tak sama dengan yang orang tua lain lakukan di luar sana. Menurutnya, hanya orang tua sendirilah yang tahu bagaimana memperlakukan anak mereka, termasuk ketika menghadapi anak-anaknya bertengkar.
"Caraku mungkin terlihat berbeda dengan apa yang sudah kamu pahami. Bukan berarti pantas untuk membesarkan kelebihan diri, kan? Semangat menjadi orang tua hebat, Ayah dan Bunda," tutup Alyssa.
Nah Moms, itulah cara Alyssa Soebandono atasi anak-anaknya ketika bertengkar. Bagaimana dengan Anda?
ADVERTISEMENT