Mom
·
30 Januari 2018 14:08

Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil (6145)
Menghilangkan Kram Kaki pada Ibu Hamil (Foto: Dok.Pixabay)
Memasuki trimester tiga kehamilan, banyak wanita yang mengalami pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki atau edema. Apa penyebabnya?
ADVERTISEMENT
Selama masa kehamilan tubuh menampung lebih banyak cairan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kondisi janin dalam rahim. Pada tingkat tertentu, penumpukan cairan itulah yang kemudian menyebabkan aliran dan tekanan darah dari rahim ke bagian vena di panggul meningkat.
Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil (6146)
Ibu Hamil. (Foto: Thinkstock)
Selain itu, berat badan yang kian bertambah seiring usia kehamilan membuat beban kakipun semakin berat. Tak heran, jika bagian tubuh bawah pada ibu hamil kerap mengalami pembengkakan. Utamanya kaki dan pergelangan kaki.
Dilansir Very Well, diperkirakan 75% wanita mengalami akumulasi cairan yang berlebihan di sekitar kaki dan pergelangan kaki dalam masa kehamilannya. Apakah Anda juga mengalaminya?
Anda tidak perlu khawatir, kumparanMom (kumparan.com) merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi pembengkakan di kaki saat kehamilan sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Istirahatlah
Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil (6147)
Ibu hamil istirahat (Foto: Pixabay)
Aktivitas yang menuntut terlalu lama berdiri atau duduk sepanjang hari menjadi salah satu penyebab potensi pembengkakan dapat terjadi. Itu sebabnya kebanyakan wanita mengalami pembengkakan di kaki pada siang hari dan akan mereda setelah istirahat di malam hari.
Bila Anda mengalami hal seperti ini, istirahatkan tubuh dan kaki Anda segera. Anda juga perlu secara berkala menggerakkan kaki baik dengan bantal atau sekedar mengubah posisi entah berdiri atau duduk.
Langkah sederhana lain yang bisa Anda coba, kurangi menggunakan sepatu berhak tinggi agar kaki Anda tidak kelelahan.
Banyak Minum
Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil (6148)
Perbanyak minum air putih (Foto: Pixabay)
Hal yang tak kalah penting adalah perbanyak minum air putih. Biasakanlah minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari. Air yang anda minum sangat penting untuk membantu melancarkan peredaran darah dan metabolisme dalam tubuh. Tak terkecuali di pergelangan kaki atau kaki Anda.
ADVERTISEMENT
Seimbangkan Konsumsi Garam
Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil (6149)
Garam. (Foto: Pixabay)
Banyak yang menganggap pembengkakan kaki terjadi akibat banyaknya konsumsi garam. Ini memang benar, namun kekurangan kadar garam juga dapat menyebabkan pembengkakan. Karenanya, seimbangkanlah kadar garam yang Anda konsumsi sehari-hari. Garam yang cukup akan berguna membantu mencegah terjadinya kram otot.
Hidroterapi
Anda bisa melakukan terapi air atau hidroterapi untuk mengurangi pembengkakan. Beberapa penelitian menunjukkan, senam air dapat membantu mengurangi kelebihan cairan melaui ginjal yang berdampak pada kelancaran cairan yang mengurangi bengkak di kaki, sekaligus mendukung rahim bagi wanita yang sedang hamil.
Tapi mungkinkah ada pembengkakan saat hamil yang merupakan pembengkakan tidak normal?
Ya, ada, Moms. Waspadalah bila Anda mengalami tidak hanya bengkak pada kaki tapi juga pada tangan hingga ke wajah. Bila ini terjadi, segeralah banyak beristirahat dan amati apakah setelah beristirahat berjam-jam pembengkakan berangsur pulih. Bila tidak, Anda perlu segera melaporkan kejanggalan itu ke bidan atau dokter terdekat.
ADVERTISEMENT