Mom
·
13 September 2021 8:04
·
waktu baca 3 menit

Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil (1008901)
searchPerbesar
Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil Foto: Shutterstock
Merasakan nyeri pada satu atau bahkan beberapa bagian tubuh merupakan hal yang kerap terjadi pada ibu hamil. Misalnya nyeri pada area selangkangan. Kondisi ini biasanya dialami oleh ibu hamil saat mendekati minggu-minggu persalinan.
ADVERTISEMENT
Nyeri di selangkangan atau biasa disebut lightning crotch adalah nyeri saraf yang tiba-tiba dan menusuk di panggul, vulva, atau rektum. Rasa nyerinya terjadi tiba-tiba seperti sengatan listrik, dan menjalar ke kaki. Selain itu, lightning crotch dapat terjadi kapan saja, siang atau malam, terutama saat ibu hamil berada dalam satu posisi di waktu yang lama.
Sementara penyebabnya? Ada banyak, Moms. Seperti pergerakan bayi, kekurangan magnesium, nyeri ligamen bundar, varises, dan linu panggul.
Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Tips Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil

Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil (1008902)
searchPerbesar
Ibu hamil duduk di atas gym ball. Foto: Shutterstock
1. Latihan Fisik
Walaupun sedang hamil, Anda harus tetap aktif dan melatih fisik supaya bisa mengurangi rasa nyeri di selangkangan. Sebab semakin Anda aktif secara fisik, maka akan semakin baik beradaptasi dengan kehamilan dan nyeri yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT
Anda bisa mencoba berjalan, duduk atau bersandar pada gym ball. Selain itu, mencoba kardio dan peregangan yang mendukung ligamen bundar juga akan meminimalkan rasa nyeri di selangkangan.
2. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat akan membantu mengurangi ketidaknyamanan seperti nyeri dan stres selama kehamilan. Mandi air hangat juga bisa meredakan nyeri ligamen bundar, Moms. Namun ingat jangan menggunakan air terlalu panas karena akan menaikkan suhu inti tubuh.
Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil (1008903)
searchPerbesar
Ilustrasi korset ibu hamil Foto: Shutterstock
3. Korset Hamil
Anda bisa menggunakan korset hamil untuk menopang area panggul dan mengurangi tekanan. Apalagi sirkulasi darah di daerah vagina akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Penggunaan korset hamil akan mengurangi tekanan pada persendian, pinggul, dan daerah serviks.
4. Mengurangi Beban Kerja
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian yang dikutip dari National Library of Medicine, terlalu banyak kerja akan meningkatkan risiko nyeri panggul dan punggung bawah pada ibu hamil.
Apalagi jika pekerjaan Anda melibatkan banyak fisik, mungkin akan selangkangan akan semakin nyeri. Jadi pertimbangkan untuk meminimalkan beban kerja Anda dan beristirahatlah untuk meredakan nyeri.
Cara Atasi Nyeri Selangkangan saat Hamil (1008904)
searchPerbesar
Ilustrasi pijat ibu hamil. Foto: Shutter stock
5. Dipijat
Anda juga bisa mengurangi nyeri di selangkangan saat hamil dengan memijat area yang nyeri akibat saraf yang tertarik. Selain itu, dipijat juga bisa mengendurkan otot sekitar selangkangan yang juga meredakan nyeri.
6. Berenang
Mengutip Mom Junction, berenang di hari-hari terakhir kehamilan dapat meredakan nyeri panggul. Sebab saat Anda berenang, kaki dan otot panggul akan bergerak dan akhirnya bisa mengurangi rasa sakit di panggul dan selangkangan.
ADVERTISEMENT
7. Minum Suplemen Magnesium
Karena kekurangan magnesium juga merupakan salah satu penyebab nyeri selangkangan, maka asupan suplemen magnesium dapat membantu fungsi saraf dan mencegah kram otot. Anda juga bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya magnesium seperti sayuran hijau, alpukat, tahu, tempe, dan ikan, untuk meningkatkan asupan nutrisi.