kumparan
search-gray
Mom8 April 2018 17:53

Cara Atasi Nyeri Vagina Pasca Bersalin

Konten Redaksi kumparan
Cara Atasi Nyeri Vagina Pasca Bersalin  (262784)
Vagina Terasa Sakit (Foto: Thinkstock)
Bila Anda melahirkan secara normal, vagina akan mengalami pereggangan untuk mengeluarkan janin melalui jalan lahir tersebut. Tidak heran jika Anda akan mengalami rasa nyeri atau sakit akibat proses melahirkan ini.
ADVERTISEMENT
Meski proses persalinan sudah berlalu, rasa sakit ini bisa saja tetap terasa selama beberapa hari setelahnya. Tapi tenang, Moms, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan dan merawat vagina Anda pascabersalin. Apa saja?
Kompres Menggunakan Air Dingin
Anda bisa menggunakan air dingin atau es batu yang dibalutkan dengan kain untuk meredakan peradangan dan pembengkakkan setelah 24 jam pertama Anda melahirkan. Pijat lembut area luar vagina dengan es yang sudah dibalutkan dengan kain, lalu tekan secara perlahan dan lembut area yang sakit.
Cuci Dengan Air Hangat
Tidak hanya air dingin, Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk meredakan nyeri pada vagina pasca melahirkan. Seperti yang Anda ketahui, air hangat bisa membuat otot-otot sekitar panggul dan organ intim menjadi lebih rileks dan tidak kaku.
ADVERTISEMENT
Selain itu air hangat juga bisa memberikan kenyamanan bagi Anda yang mengalami rasa nyeri hebat di area vagina.
Lakukan Aktivitas dengan Berhati-hati
Cara Atasi Nyeri Vagina Pasca Bersalin  (262785)
Ilustrasi organ intim wanita (Foto: Thinkstock)
Berjalanlah dengan hati-hati. Tidak usah terburu-buru saat melakukan aktivitas. Gerakan yang sedikit mengguncang akan buat vagina jadi ‘kaget’ dan menimbulkan efek nyeri yang tidak tertahankan.
Gunakan Pelumas
Jika Anda sudah merasa siap untuk berhubungan seks dengan suami, gunakanlah pelumas untuk menambah cairan pada vagina. Pasalnya sehabis melahirkan, vagina umumnya akan mengalami kekeringan dan susah untuk memproduksi pelumas alami.
Tapi tak perlu cemas, seiring berjalannya waktu, semua akan normal kembali, kok.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white