kumparan
17 Juli 2018 18:39

Cara Hadapi Komentar Negatif saat Menyusui di Tempat Umum

Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Shutterstock)
Menyusu dan menyusui adalah hak semua ibu dan bayi dan merupakan hal yang sangat alami. Begitu alaminya, sehingga tentu saja boleh dilakukan di manapun dan kapanpun sekehendak bayi, termasuk di tempat umum.
ADVERTISEMENT
Bila bayi menyusu di tempat umum apa yang dilakukannya tidak berbeda dengan orang lain yang menikmati makanannya di tempat umum. Karena ASI memang merupakan makanan utama bayi. Dengan kata lain, menyusui bayi dengan menyuapi anak di tempat umum, tidak ada bedanya.
Sayangnya, masih saja ada orang yang tidak menerima hal ini bahkan tanpa merasa bersalah memberi komentar negatif, cibiran ataupun kritik pedas pada ibu yang menyusui bayinya di tempat umum. Bahkan ada yang menganggap menyusui di tempat umum sebagai hal yang tidak sopan bahkan menggolongkannya pada porno aksi!
Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut, Moms? Bila ya, tak perlu gentar! Anda tidak salah dan juga tidak sendiri.
Tidak perlu juga ikut terpengaruh dengan pandangan negatif dari sebagian orang yang mungkin kurang setuju dengan kebiasaan menyusui di depan umum. Hadapi saja mereka yang mengkritik ataupun berkomentar negatif dengan cara berikut.
ADVERTISEMENT
1. Tetap Tenang
Ibu menyusui
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Tetaplah tenang dan jangan bereaksi ketika dikritik orang di sekitar saat menyusui di depan umum Moms. Teruslah fokus menyusui bayi Anda tanpa menghiraukan apa yang mereka katakan.
2. Jawab dengan Sopan
Ibu menyusui.
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Jawablah dengan sopan apabila ada seseorang yang menanyakan mengapa Anda menyusi di depan publik. Katakan padanya bahwa menyusui adalah hak dasar ibu dan bayi yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga menyusui layak dilakukan di manapun dan kapanpun saat anak membutuhkannya.
3. Menjauhlah dari Tempat Tersebut
Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Menjauhlah segera dari tempat Anda menyusui apabila mendapat banyak penolakan ataupun kritik dari orang-orang sekitar. Secara psikologis hal tersebut bisa membuat Anda terganggu, tidak nyaman bahkan hingga stres yang tentunya dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI Anda.
ADVERTISEMENT
4. Bergabunglah dengan Kelompok Pendukung
Ibu menyusui.
Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Apakah Anda melihat sekelompok ibu-ibu di sekitar tempat Anda menyusui? Bila ya, hampiri dan duduklah bersama mereka, Moms. Bersama mereka Anda akan merasa lebih aman karena mendapatkan dukungan moral.
Jadi Moms, jangan pernah putus asa ya! Tetaplah semangat menyusui, demi bayi tercinta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan