kumparan
11 November 2019 10:24

Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku pada Anak

Anak Gigit Kuku
Anak Gigit Kuku Foto: Shutterstock
Beberapa orang mengeluh karena sang anak punya kebiasaan menggigit kuku. Ya Moms, menurut sebuah penelitian, sekitar 30-60 persen anak memang pernah punya kebiasaan menggigit kuku.
ADVERTISEMENT
Kebiasaan menggigit kuku umumnya terjadi saat si kecil berusia 3-6 tahun. Hal ini perlu jadi perhatian orang tua, karena kebiasaan buruk menggigit kuku bisa terbawa hingga remaja bahkan dewasa.
Dilansir laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penyebab anak suka menggigit kuku hingga kini masih terus ditelusuri. Tapi, kebiasaan menggigit kuku biasanya sering muncul saat anak merasa cemas atau stres.
Anak Gigit Kuku
Anak Gigit Kuku Foto: Shutterstock
Perasaan cemas atau stress sendiri bisa muncul dalam berbagai keadaan. Contohnya, ketika si kecil dipaksa melakukan sesuatu yang tidak disukainya, tidak mengerti suatu pelajaran hingga merasa kesepian.
Sebenarnya kebiasaan menggigit kuku bukan masalah yang serius dan dapat berhenti dengan sendirinya terutama bila tidak ada pemicunya. Namun yang perlu jadi kekhawatiran apabila kebiasaan ini terjadi bersamaan dengan masalah lain. Kenapa?
ADVERTISEMENT
Moms, kebiasaan menggigit kuku perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko perubahan gigi anak terutama di bagian depan. Lalu apabila kuku si kecil mengalami infeksi akibat bakteri atau jamur maka infeksi tersebut dapat menyebar ke rongga mulut.
Anak Gigit Kuku
Anak Gigit Kuku Foto: Shutterstocks
Jika anak Anda punya kebiasaan ini, maka sebisa mungkin segera hentikan, Moms. Anak perlu memiliki motivasi yang timbul dari dalam diri sendiri atau Anda bisa mengenalkan berbagai hal menarik yang bisa mengalihkan anak untuk berhenti menggigit kukunya.
Cara lain yang bisa Anda terapkan apabila Anda ‘menangkap’ anak menggigit kukunya karena stres atau cemas, Anda dapat membantunya untuk mengatasi masalah yang menimbulkan kecemasan tersebut. Dengan kata lain Anda bisa memberikan tambahan perhatian, kasih sayang, dan waktu untuk membantu anak menghentikan kebiasaannya.
Ilustrasi potong kuku balita
Ilustrasi potong kuku balita. Foto: Shutterstock
Cara selanjutnya adalah dengan mengajak anak bermain atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Solusi lainnya adalah memastikan kuku anak tetap pendek dan rapi, karena godaan untuk menggigit kuku biasanya timbul kalau kuku si kecil panjang.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, meski Anda khawatir dengan kebiasaan anak ini, jangan pernah memarahi dan menghukum anak karena kebiasaan menggigit kuku. Ya, memarahi anak justru akan membuat si kecil cemas dan kembali menggigit kukunya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan