kumparan
Mom11 November 2019 7:57

Tips agar Anak Balita Mau Potong Kuku

Konten Redaksi kumparan
PTR, Ilustrasi potong kuku balita
Ilustrasi potong kuku balita. Foto: Shutterstock
Bagi beberapa balita, kegiatan menggunting kuku bisa jadi hal yang menakutkan. Sebab mereka menganggap menggunting kuku bisa melukai tangannya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, berdiam diri cukup lama saat kukunya dipotong bisa jadi hal yang membosankan bagi balita. Tak heran, jika si kecil bisa menangis dan berteriak, Moms.
Reaksi takut yang ditimbulkan balita saat kukunya akan dipotong sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal itu timbul karena balita Anda memiliki sensitivitas indera dan itu bersifat alami. Mereka menganggap menggunting kuku sebenarnya penting tapi hal itu melelahkan.
Meski begitu, kuku balita harus tetap dipotong, Moms. Jika terlalu panjang, kukunya bisa melukai kulit bila si kecil tak sengaja menggaruk. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati ketika menggunting kukunya agar tak melukai ujung jari dan membuatnya trauma.
Dilansir Babyology Australia, berikut ini adalah kiat menggunting kuku balita agar ia tidak takut.
ADVERTISEMENT
  1. Pilih waktu yang tepat
Pilihlah waktu yang tepat untuk menggunting kukunya, Moms. Jika ia sedang bermain namun sudah waktunya menggunting kuku, cobalah untuk menemaninya bermain selama 20 menit, setelah itu baru potong kukunya. Bermain bisa membuatnya lebih tenang dan rileks. Tapi bila si kecil masih susah untuk tenang, tunggulah sampai ia mengantuk dan tertidur dengan nyenyak.
  1. Mengalihkan perhatian
Ilustrasi potong kuku balita
Ilustrasi potong kuku balita. Foto: Shutterstock
Cobalah untuk mengalihkan perhatiannya atau penglihatannya ke arah lain. Alih-alih membuatnya melihat proses pemotongan kuku yang menurutnya mengerikan, Anda bisa sambil mengajaknya menonton serial televisi favoritnya untuk sementara waktu.
  1. Lakukan dengan posisi memeluk
Duduklah dalam posisi membelakangi balita Anda ketika ingin memotong kukunya. Posisi ini akan memberikannya ketenangan baginya bahwa Anda bersama dengannya ketika merasa gelisah akibat potong kuku.
ADVERTISEMENT
  1. Melakukan perawatan kuku
Ilustrasi potong kuku balita
Ilustrasi potong kuku balita. Foto: Shutterstock
Balita perempuan khususnya, sedang senang-senangnya mengikuti dan meniru ibunya. Cobalah untuk menggunting kuku sambil melakukan perawatan kuku seperti semir kuku atau memakaikan kuteks khusus untuk anak. Hal itu akan membuat sesi gunting kuku menjadi lebih ceria dan si kecil tidak takut lagi.
  1. Tenangkan dan yakinkan
Ketika Anda ingin menggunting kukunya, tenangkan dan yakinkan si kecil bahwa menggunting kuku tidak akan membuatnya terluka. Anda pun juga harus menenangkan diri Anda, sebab balita bisa merasakannya juga bila Anda stres. Selain itu, jangan lupa untuk memujinya dan berikan pelukan ketika balita Anda tidak menangis atau rewel setelah mengguting kuku ya, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan