kumparan
30 Mei 2018 16:01

Cara Keluarkan Benda atau Serangga yang Masuk ke Telinga Anak

Telinga anak (Foto: Pixabay)
Anak memang kerap memberi orang tua 'kejutan'. Termasuk bila tanpa sengaja ada benda berukuran kecil masuk ke dalam telinganya. Atau dalam kasus lainnya, telinga anak bisa saja kemasukan serangga! Aduuuh... bikin sport jantung ya, Moms?
ADVERTISEMENT
Tapi bila menghadapi kondisi seperti ini, cobalah untuk tidak panik dan jangan sekali-sekali mencoba mengeluarkannya dengan cara mengoreknya! Mengorek telinga anak justru akan membuat benda atau serangga terdorong masuk semakin dalam dan dapat menimbulkan luka pada organ bagian dalam telinga.
Ilustrasi Korek Kuping (Foto: Wikimedia Commons)
Tetaplah tenang, dan coba ikuti langkah-langkah berikut ini:
a. Ambil menggunakan alat penjepit, bila benda terlihat jelas dan bersifat tidak bergerak. Minta anak supaya dapat tenang, sehingga Anda bisa leluasa mengeluarkan benda secara perlahan.
b. Miringkan kepala anak pada bagian telinga yang sakit ke arah bawah atau lantai, kemudian digoyangkan pelan-pelan, sampai benda tersebut berhasil keluar dari telinga.
c. Gunakan beberapa tetes minyak zaitun ataupun baby oil, jika yang masuk adalah serangga. Kemudian miringkan kepala dan pastikan telinga yang sakit menghadap ke atas. Sementara itu, tariklah lembut cuping telinga anak ke belakang dan ke bawah. Serangga akan keluar dalam keadaan mati dan mengapung bersama minyak.
ADVERTISEMENT
Namun penggunaan minyak tak disarankan bila terjadi perdarahan, keluhan rasa nyeri, maupun keluarnya cairan dari dalam telinga. Ini menandakan sedang ada yang tak beres pada gendang telinga. Bila hal tersebut yang terjadi, segera hubungi dokter.
Ilustrasi Dokter Telinga (Foto: Pixabay)
Hal yang sama juga berlaku bila usaha dari ketiga cara tersebut masih belum berhasil. Di antaranya, anak masih mengeluh sakit atau merasa masih ada sesuatu di dalam telinga, maka segeralah datangi dokter. Dokter mungkin akan memberikan tindakan irigasi kanal, caranya dengan menyemprotlan cairan ke dalam kanal telinga. Kemudian, benda tersebut akan mengalir keluar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan