Mom
·
13 November 2020 14:09

Cara Kimberly Rider agar Anak Tidak Pilih-pilih Makanan atau Picky Eater

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Kimberly Rider agar Anak Tidak Pilih-pilih Makanan atau Picky Eater (11971)
Kimberly Ryder dan anak pertamanya, Rayden. Foto: Instagram/@kimbrlyryder
Aktris Tanah Air Kimberly Ryder sepertinya tengah menikmati perannya sebagai ibu. Ya Moms, ia memiliki anak laki-laki bernama Rayden Starlight Akbar dan kini diketahui juga tengah kembali hamil anak kedua, buah cintanya dengan Edward Akbar.
ADVERTISEMENT
Anak pertamanya, Rayden, pada 19 November mendatang akan tepat berusia 1 tahun. Sebagai figur publik dan ibu yang aktif di media sosial, Kimberly kerap membagikan kisah seputar anaknya itu maupun kehamilannya. Belum lama ini, perempuan berusia 27 tahun tersebut menjawab salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan netizen kepadanya. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan sang anak, Rayden yang tampak mudah diberikan makan apa pun alias tak picky eater (pilih-pilih makanan).
Cara Kimberly Rider agar Anak Tidak Pilih-pilih Makanan atau Picky Eater (11972)
Kimberly Ryder dan anaknya, Rayden Foto: Instagram @kimbrlyryder

Cara Kimberly Ryder agar Anaknya Tak Picky Eater

Pemain film 'Get Married 2' ini pun mengatakan bahwa kondisi anaknya yang mau makan apa saja itu berkaitan dengan apa yang ia makan selama hamil si kecil. Ya Moms, saat hamil Rayden, Kimberly mengungkapkan dirinya selalu makan berbagai jenis makanan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ia juga membiasakan anak pertamanya itu untuk mengonsumsi makanan yang ia buat sendiri. Bila makanan yang dimasaknya itu tak dimakan oleh si kecil, ia pun membiarkannya hingga Rayden merasa lapar.
"Kalau enggak dimakan, biarin saja lapar sampai the next meal. Jangan dikasih yang dia mau (snacks, yang manis-manis). Nanti juga belajar," tulisnya dalam keterangan salah satu fotonya di Instagram pribadinya.

Tips dari Dokter Atasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan (Picky Eater)

Cara Kimberly Rider agar Anak Tidak Pilih-pilih Makanan atau Picky Eater (11973)
Ilustrasi bayi menolak makan atau MPASI. Foto: Shutterstock
Moms, untuk mengatasi anak yang picky eater, cara yang dilakukan Kimberly Ryder tampaknya bisa Anda tiru. Namun selain itu, Prof. Dr. Rini Sekartini, SpA(K), Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Tumbuh Kembang Anak menjelaskan bahwa ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan orang tua. Pertama adalah menjadi contoh untuk anak.
ADVERTISEMENT
"Cara paling mudah ya jadilah contoh untuk anak Anda. Ajak mereka makan di meja makan, ajak makan keluarga bersama. Kan dari hal kaya gitu, mereka lihat nih ‘oh Mama makannya seperti itu, oh Papa makannya seperti itu,’ Jadi harapannya nanti anak bisa ikutin," kata dr. Rini beberapa waktu lalu.
Kedua, membuat suasana makan yang menyenangkan. dr. Rini menuturkan, bila anak tidak mau makan, jangan dipaksa. Sebab, bila semakin dipaksa biasanya suasana makan jadi makin tidak enak.
"Coba ibu cari waktu tenang, cari solusi gitu ya, misalnya pikirkan kreasi apa lagi nih makannya biar anak mau makan," pungkasnya.
Ketiga, Anda bisa memberikan anak makanan dengan porsi kecil namun sering. Secara tak langsung hal ini akan melatih anak untuk tidak memilih-milih makanan. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan makanan kesukaan mereka.
ADVERTISEMENT
"Sesekali beri menu baru ke mereka. Tapi ingat, jangan banyak-banyak. Kasih makan yang sering boleh, asal porsinya enggak usah banyak-banyak," imbuhnya.
Yang terakhir, Anda harus ekstra sabar menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan. Jadi, jangan cepat terbawa emosi, ya!
"Kan ada ikatan batin gitu antara ibu dan anak. Jadi kalo anak liat ibunya panik, mereka pasti ikutan panik. Marah-marah sama anak juga enggak akan memperbaiki suasana. Kalau emang enggak mau, jangan dipaksa. Jangan buat anak jadi trauma karena makanan. Coba lagi nanti-nanti, atau enggak ya itu, ajak mereka makan bersama biar mereka lihat cara orang tua makannya,” tutup dr. Rini.