kumparan
search-gray
Mom28 Februari 2018 16:25

Cara Melakukan Meditasi saat Hamil

Konten Redaksi kumparan
Cara Melakukan Meditasi saat Hamil (30790)
Meditasi ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Ibu hamil perlu tetap rileks dan santai selama masa kehamilannya. Jika ibu hamil memiliki banyak pikiran yang membuatnya stres, maka hal tersebut akan berdampak pada kesehatan ibu maupun janinnya.
ADVERTISEMENT
Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks. Tidak terkecuali saat hamil. Meditasi selama kehamilan bisa mengambil peran yang penting untuk kesehatan tumbuh-kembang janin.
Jika Anda tertarik untuk bermeditasi saat hamil, ada beberapa cara yang terlebih dahulu harus Anda ketahui:
Pertama, latihan pernapasan.
Cara Melakukan Meditasi saat Hamil (30791)
Ibu Hamil olahraga (Foto: Thinkstock)
Dilansir Mom Junction, mengatur napas saat bermeditasi membantu kita untuk lebih fokus dan melemaskan ketegangan otot, mengurangi stres dan memberi kita kekuatan untuk mengatasi masalah yang ada.
Duduklah dalam posisi yang nyaman dengan mata yang terpejam. Lalu pegang perut Anda dan tarik napas dalam-dalam secara perlahan, lalu buang dari mulut secara perlahan. Lakukan hal yang menenangkan ini selama lima sampai sepuluh menit. Dijamin pikiran ibu akan lebih enteng dibandingkan biasanya.
ADVERTISEMENT
Selain duduk, Anda juga bisa mencoba meditasi ini sambil tiduran dengan posisi tangan di atas perut atau di samping kiri-kanan badan.
Kedua, relaksasi otot.
Cara Melakukan Meditasi saat Hamil (30792)
Meditasi ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Jika Anda sering mengalami sulit tidur saat hamil, teknik yang satu ini bisa Anda lakukan secara rutin. Mungkin butuh beberapa hari atau minggu (atau bahkan lebih) untuk belajar dan menguasainya. Teknik meditasi ini terbukti lebih bermanfaat saat kehamilan Anda berlangsung.
Berbaringlah di lantai dengan posisi yang nyaman. Pastikan tulang belakang dan punggungnya didukung dengan baik, dan gunakan bantal jika Anda merasa perlu. Rasakan bagian tubuh mana yang merasa tegang, lalu perlahan Anda fokuskan pikiran Anda pada area tubuh tersebut, dan ayunkan secara perlahan.
ADVERTISEMENT
Misalkan kaki Anda yang merasa tegang. Anda bisa angkat kaki secara perlahan sambil meminta bantuan suami untuk mengangkatnya. Lalu turunkan kembali kaki, dan angkat kembali- sampai Anda merasa kaki sudah cukup rileks.
Teknik relaksasi otot ini biasanya juga dikenal sebagai teknin relaksasi progresif di mana Anda melemaskan bagian tubuh Anda agar otot-otot tidak tegang yang bisa berakibat pada kram.
Ketiga, fokuskan pikiran pada satu objek.
Cara Melakukan Meditasi saat Hamil (30793)
Meditasi ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Teknik meditasi yang satu ini bisa membantu Anda untuk fokus pada hal-hal yang positif. Sebagian besar fungsi dari teknik yang satu ini adalah untul merilekskan pikiran dan melatih otak Anda untuk berpikir lebih positif, bahagia, dan menyenangkan.
Duduklah dengan nyaman, lalu pikirkan gambar objek yang ingin Anda fokuskan pada pikiran Anda (misalnya pemandangan laut). Fokus pada objek yang Anda pilih dan perhatikan detailnya seperti warna, suara, sentuhan, nuansa, kebisingan, dan baunya.
ADVERTISEMENT
Ingat, apa pun yang Anda pikir harus membawa kedamaian dalam pikiran Anda.
Biasanya, ibu hamil akan membayangkan wajah bayinya ketika lahir nanti. Namun sebaiknya, Anda memikirkan sesuatu yang lebih universal seperti pemandangan atau masa liburan bersama suami.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white