Mom14 September 2020 13:55

Cara Nycta Gina Menyapih Anaknya, Seperti Apa?

Konten Redaksi kumparan
Cara Nycta Gina Menyapih Anaknya, Seperti Apa? (1075024)
Cara Nycta Gina Menyapih Anaknya, Seperti Apa? Foto: Instagram/@missnyctagina
Saat anak sudah berusia 2 tahun ke atas, bersiaplah untuk menyapihnya. Tidak usah khawatir! Meski tak lagi mendapat ASI, pada usia ini, anak sudah bisa memperoleh nutrisi dari makanan sehari-hari seperti orang dewasa.
ADVERTISEMENT
Tapi, menyapih anak rupanya sama halnya dengan proses menyusui. Ya Moms, semuanya tak semudah seperti apa yang Anda bayangkan.
Sebagian anak dan ibunya mungkin ada yang dapat dengan mudah melalui proses menyapih ini. Namun, ada sebagian ibu lainnya merasa galau bahkan membuat si kecil rewel. Kondisi inilah yang tengah dialami selebriti Tanah Air Nycta Gina.
Cara Nycta Gina Menyapih Anaknya, Seperti Apa? (1075025)
Nycta Gina dan anak perempuannya, Uti. Foto: Instagram/@missnyctagina

Cerita Nycta Gina soal Menyapih Anak

Beberapa waktu lalu, Nycta Gina bercerita dirinya tengah dilanda rasa sedih karena ia tengah berusaha menyapih anak keduanya, Lembar Putih Trinycta alias Uti. Istri dari Rizky Kinos itu pun mengungkapkan bahwa dirinya tak ingin memaksa atau menggunakan bantuan apa pun saat menyapih putrinya. Misalnya saja menggunaan ramuan pahit di sekitar payudara agar si kecil tak suka menyusu lagi. Atau menggunakan lipstik seolah-olah payudaranya berdarah.
ADVERTISEMENT
"Aku masih berharap, Uti bisa berhenti nenen karena terbiasa bobo tanpa nenen," tulis Nycta Gina dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya itu.
Itulah kenapa, beberapa hari terakhir Nycta Gina mencoba untuk pisah alias tak tidur bersama anak perempuannya. Sehingga, si kecil tidur bersama sang ayah sedangkan Nycta tidur bersama anak pertamanya, Panutan Adhya Semesta Trincyta atau Uta.
Meski masih berada di ruang yang sama, namun ibu dua anak ini merasa ada sesuatu yang berbeda. Pasalnya, selama 2,5 tahun terakhir ia selalu tidur bersama sang buah hati. Di samping itu, saat ia tak tidur bersama Uti, si kecil sempat menangis seperti mencari ibunya. Sempat ingin menghampiri sang anak, namun hal tersebut bisa dikondisikan oleh sang suami.
ADVERTISEMENT
"Pengin luluh nenenin lagi tapi mencoba bertahan dan alhamdulillah suami aku berhasil bikin Uti tenang dan bobo sepanjang malam. Tapi tengah malam kira-kira jam 2.30an tiba-tiba kebangun terus ngelihat Uti bobo sama Papanya kok sedih akunya. Kayak alarm otomatis gitu karena biasanya jam segitu adek Uti kebangun minta nenen," pungkasnya.
Di akhir ceritanya, Nycta Gina terus mencoba memberikan semangat pada dirinya agar bisa menyapih anak dengan caranya sendiri dan penuh cinta. Ia juga meminta dukungan para followers-nya agar dirinya sukses menyapih anaknya.
Cara Nycta Gina Menyapih Anaknya, Seperti Apa? (1075026)
Ilustrasi menyapih anak Foto: Shutterstock

Tips Menyapih Anak dengan Cinta

Moms, setiap ibu memang memiliki caranya masing-masing pada saat menyapih anak. Nah, apabila Anda sedang berusaha menyapih anak atau dalam waktu dekat akan menyapihnya, berikut ini dr. Ameetha Drupadi CIMI, Konselor Laktasi di RS Mayapada Jakarta Selatan, dalam akun Instagramnya memberikan tipsnya untuk Anda.
ADVERTISEMENT
1. Siapkan tim sukses untuk mendukug proses menyapih.
2. Konsisten, disiplin, dan kompak dalam menyapih.
3. Alihkan perhatian anak, tapi jangan dibohongi.
4. Beri anak pengertian secara perlahan-lahan.
5. Kendalikan emosi, hindari stres.
6. Tetap sabar dan berdoa.
7. Bila perlu, pisah tidur dengan anak.
Nah Moms, kalau melihat tips yang diberikan dr. Ameetha, rupanya cara yang dilakukan Nycta Gina termasuk juga, ya! Bagaimana dengan Anda? Tertarik mencoba cara-cara tersebut di atas atau justru sudah pernah melaluinya?