Mom
·
20 Agustus 2020 12:00

Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39301)
Keluarga Nycta Gina. Foto: Instagram/@missnyctagina
Anak biasanya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu, misalnya saja pada hewan. Namun, tak semua anak bisa mudah akrab dengan hewan. Bahkan ada anak yang merasa takut untuk sekadar melihat atau menyentuh hewan. Hal inilah yang baru saja dialami oleh anak Nycta Gina, Panutan Adhya Semesta Trinycta atau Uta.
ADVERTISEMENT
Belum lama ini, sang ibu membagikan sebuah video yang memperlihatkan dua anaknya, Uta dan Lembar Putih Trinycta atau Uti sedang asyik bersama ayahnya Rizky Kinos. Mereka rupanya tengah melihat salah satu hewan peliharaan sang ayah, yaitu burung yang ada di dalam sangkar. Ya Moms, Kinos memang diketahui sangat menyukai burung.
Dalam video tersebut, anak keduanya, Uti meminta ayahnya untuk mengeluarkan burung tersebut. Alasannya, ia ingin memegang atau menyentuh hewan yang diberi nama Brobi itu. Kinos pun sempat ragu dan bertanya kepada anaknya beberapa kali apakah ia berani memegang burung tersebut. Si kecil pun dengan percaya diri menjawab, 'ya'.
Ketika burung tersebut dikeluarkan dari sangkarnya, tiba-tiba burungnya terbang. Hal ini lantas membuat kedua anak Nycta Gina dan Rizky Kinos panik. Keduanya kembali masuk ke dalam rumah.
ADVERTISEMENT
Namun, Uti --putri mereka secara perlahan memberanikan diri kembali untuk menyentuh Brobi. Akhirnya, Brobi pun hinggap di tangan sang anak. Sementara, anak laki-laki mereka, Uta masih saja takut dengan hewan peliharaan milik sang ayah itu.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39302)
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya. Foto: Instagram/@missnyctagina

Tips Atasi Rasa Takut Anak pada Hewan

Moms, apabila si kecil berani dengan hewan, seperti anak kedua Nycta Gina, hal ini rupanya dapat memberikan banyak manfaat untuk dirinya. Mulai dari meningkatkan kecerdasan emosional, meningkatkan rasa percaya diri, menanamkan rasa kasih sayang, hingga meningkatkan kemampuan bicara dan bahasa anak.
Tapi, bagaimana jadinya bila ia takut alias tak berani seperti anak pertama Nycta Gina? Apakah anak Anda juga takut dengan hewan? Jika ya, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi rasa takut anak pada hewan yang dapat dilakukan orang tua.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39303)
Ilustrasi ibu mengenalkan hewan lewat buku ke anak. Foto: shutterstock

1. Kenalkan hewan lewat buku atau video

Dilansir WebMD, langkah sederhana yang dapat Anda lakukan agar anak dapat berani dengan hewan peliharaan adalah dengan mengenalkan atau memperlihatkan berbagai jenis hewan yang ada di dalam buku cerita, video atau tayangan di televisi atau film. Anda pun bisa memulai dengan memilih buku atau tontonan yang memperlihatkan hewan yang ditakuti si kecil, Moms. Dengan begitu, ia secara tak langsung dapat 'akrab' dengan hewan tersebut.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39304)
ilustrasi mainan anak Foto: Shutterstock

2. Mainan Anak

Dikutip dari Huffpost, Anda juga bisa memperkenalkan hewan lewat mainan, Moms. Ya, kini ada banyak sekali berbagai jenis mainan anak dengan bentuk hewan. Cara ini pun dapat Anda lakukan sedini mungkin. Saat si kecil sedang asyik bermain sendiri misalnya, coba biarkan ia untuk memilih salah satu hewan yang ia suka. Kemudian, Anda bisa ceritakan tentang hewan tersebut.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39305)
Ilustrasi ibu dan anak sedang bermain di dalam rumah. Foto: Shutterstock

3. Bermain peran

Tak ada salahnya menggunakan salah satu boneka atau mainan anak berbentuk hewan saat tengah bermain peran untuk mengenalkan hewan tersebut lebih dalam pada si kecil. Ya Moms, buatlah suasana menyenangkan dan jangan pernah menakuti anak saat Anda sedang bermain peran dengannya.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39306)
Anak suka hewan Foto: Pixabay

4. Beri contoh

Anak adalah peniru ulung. Untuk itu, agar si kecil tak takut dengan hewan, Anda pun dapat lebih dulu menunjukkan rasa percaya diri bahwa Anda tak takut dengan hewan yang akan dikenalkan pada dirinya. Misalnya saja, ketika sedang berhadapan dengan kucing. Anda bisa mengelus lembut bulunya dan biarkan anak Anda memperhatikan apa yang Anda lakukan itu.
Si Kecil Takut dengan Hewan seperti Anak Nycta Gina? Begini Cara Mengatasinya (39307)
Ilustrasi anak ke kebun binatang Foto: Shutterstock

5. Ajak ke kebun binatang

Karena masih dalam situasi pandemi virus corona, berkunjung ke kebun binatang sebaiknya tidak kita lakukan. Tapi ini bisa dimasukkan ke agenda keluarga setelah pandemi berlalu nanti.
ADVERTISEMENT
Di kebun binatang, anak akan bertemu dengan banyak binatang. Hal ini dapat menjadi salah satu cara Anda mengedukasi anak tentang binatang. Ketika si kecil mulai menunjukkan ketertarikan pada hewan tertentu, coba ajak ia untuk lebih dekat lagi dan memberi makan pada hewan tersebut misalnya.