Mom
·
9 Juli 2020 15:51

Penyebab Si Kecil Demam, Seperti yang Dialami Anak Nycta Gina

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Si Kecil Demam, Seperti yang Dialami Anak Nycta Gina (516551)
Penyebab anak demam, seperti putra pertama Nycta Gina. Foto: Instagram/@missnyctagina
Penyebab anak demam bisa beragam. Sehingga, wajar bila orang tua merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Apalagi, jika si kecil demam tanpa disertai keluhan apa pun, seperti yang dialami anak Nycta Gina.
ADVERTISEMENT
Ya, anak pertamanya, Panutan Adhya Semesta Trinycta atau akrab disapa Uta belum lama ini mendadak demam. Nycta Gina pun langsung cemas ketika mengetahui suhu tubuh anaknya saat demam mencapai 40,4 derajat celsius.
Namun, demam yang dialami Uta tak berangsur lama, Moms. Keesokan harinya, istri dari Rizky Kinos ini bersyukur suhu anaknya sudah kembali normal alias ia tak demam lagi. Padahal, Gina sudah berencana apabila sang anak masih demam akan membawanya ke dokter.
"Alhamdulillah anak ganteng ibun sudah sembuh. Kemarin enggak ada angin enggak ada hujan, tiba-tiba demam, diukur 40,4 derajat. Syok banget emaknya. Eh tau-tau hari ini sudah saja gitu alhamdulillah hilang demamnya. Kenapalah kamu mayuta. Ada yang pernah kayak Uta enggak sih?" tulis Nycta Gina dalam salah satu unggahan di akun Instagram pribadinya.
ADVERTISEMENT
Berkaca dari pengalaman yang dialami anak Nycta Gina yang tiba-tiba demam, ada beberapa hal yang perlu orang tua pahami. Ya Moms, perlu diketahui bahwa demam terjadi untuk memberi tanda adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh anak. Dilansir WebMD, demam biasanya terjadi sebagai pertahanan alami tubuh untuk melawan infeksi atau virus. Misalnya saja, flu, radang tenggorokan, roseola, infeksi telinga, dan infeksi saluran kemih (ISK).
Penyebab Si Kecil Demam, Seperti yang Dialami Anak Nycta Gina (516552)
Nycta Gina dan anak pertamanya, Uta. Foto: Instagram/@missnyctagina

Normalkah Bila Anak Tiba-tiba Demam seperti Anak Nycta Gina?

Nah Moms, apabila anak Anda demam secara mendadak dan tak berangsur lama seperti yang dialami anak Nycta Gina, kemungkinan hal ini terjadi karena si kecil kepanasan atau terpapar suhu panas yang berlebihan. Sehingga, kondisi ini menyebabkan dirinya demam.
ADVERTISEMENT
Pada saat anak kepanasan, mungkin saja ia akan mengalami dehidrasi. Ketika persediaan cairan dalam tubuh anak kurang, panas dalam tubuhnya tidak bisa keluar sebagai keringat. Begitu saat anak dehidrasi, tak hanya tubuhnya saja yang Anda rasakan panas. Tapi, biasanya si kecil juga tampak lemas, kelelahan, air matanya kering, dan mengeluh pusing.
Penyebab Si Kecil Demam, Seperti yang Dialami Anak Nycta Gina (516553)
Ilustrasi anak demam. Foto: Shutterstock
Sebelum mengompres anak atau memberikan obat penurun panas, ada baiknya Anda memberikan si kecil air putih terlebih dulu. Apabila setelah diberikan minum, ia seolah tak membaik dan justru disertai gejala lainnya, seperti batuk dan bersin, kemungkinan anak Anda terpapar infeksi yang disebabkan virus maupun bakteri.

Temui Dokter Bila Anak Demam Lebih Dari 3 Hari

Moms, demam pada anak bisa berangsur-angsur pulih sendiri. Namun, segera temui dokter apabila anak demam lebih dari 3 hari disertai dengan beberapa gejala berikut:
ADVERTISEMENT
1. Tidak merespons atau susah dibangunkan atau tidak bisa bergerak.
2. Kesulitan bernapas.
3. Bibir, lidah dan kuku tampak kebiruan.
4. Ubun-ubun terlihat menonjol atau cekung.
5. Ada kekakuan di leher.
6. Nyeri kepala hebat.
7. Nyeri perut hebat atau muntah-muntah.
8. Terdapat ruam atau bintik-bintik berwarna keunguan seperti memar.
9. Tidak mau makan atau minum dan terlihat terlalu lemah untuk minum.
10. Menangis terus-menerus.
11. Gelisah.
12. Posisi tubuh condong ke depan dan tidak dapat mengontrol air liur.