Mom
·
11 Juni 2020 12:12

Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92767)
Ilustrasi potong kuku anak. Foto: Shutterstock
Memotong kuku anak mungkin menjadi suatu hal yang menegangkan bagi sebagian orang tua. Bagaimana tidak, Anda memang harus berhati-hati saat melakukannya. Apalagi, jika anak Anda masih bayi. Tak sedikit ada orang tua yang tanpa sengaja melukai tangan buah hatinya itu. Apakah Anda juga pernah mengalaminya, Moms?
ADVERTISEMENT
Hal ini rupanya juga dialami oleh selebriti Nycta Gina. Ya Moms, perempuan yang akrab disapa Gina itu mengisahkan hal tersebut di salah satu unggahannya. Bahkan, kegiatan memotong kuku anaknya ini sempat membuat dirinya trauma.
Peristiwa tersebut terjadi pada saat anak keduanya, Lembar Putih Trinycta atau Uti masih bayi. Istri dari Rizky Kinos itu menuturkan bahwa dirinya pernah tak sengaja melukai jari tangan putrinya itu.
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92768)
Nycta Gina Saat Rayakan Ulang Tahun Anak di Rumah Aja. Foto: Instagram/ @missnyctagina
"Waktu Uti umur kira-kira 1 minggulah setelah pulang dari RS, gemas lihat kukunya panjang-panjang jadi pengin gunting gitu... Dengan sotoynya aku gunting terus enggak tahu gimana kegunting juga daging di bawah kukunya. Berdarahlah akhirnya *simbol menangis*," kata Nycta Gina dalam unggahannya itu.
Kejadian tersebut pun membuat dirinya stres. Bahkan, produksi ASI dirinya menurun. Sehingga, membuat sang buah hati menjadi kuning karena kekurangan cairan.
ADVERTISEMENT
"Alhasil, berdua-dua kita masuk RS lagi. Uti disinar, aku terapi laktasi lagi," tutur perempuan berusia 35 tahun ini.
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92769)
Nycta Gina memotong kuku anak-anaknya. Foto: Instagram/@missnyctagina
Namun, pengalamannya itu membuat Nycta Gina jadi lebih berhati-hati saat hendak memotong kuku dua anaknya, Uti dan sang kakak, Panutan Adhya Semesta Trinycta atau Uta. Malahan, kegiatan memotong kuku anak yang tadinya membuat ia trauma, kini menjadi kegiatan favoritnya.
"Tapi sekarang kalau potong kuku Uta Uti jadi lebih banyak doanya karena pernah ada trauma," pungkas Gina.
Ya Moms, memotong kuku anak memang perlu hati-hati. Jangan sampai hal ini membuat si kecil jadi takut, maupun Anda trauma. Berikut ini beberapa tips memotong kuku anak yang mungkin dapat Anda terapkan.
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92770)
Istri Ryan Delon, Sharena memotong kuku anaknya saat tidur. Foto: Instagram / @tail_wagging

1. Pilih waktu yang tepat

Memotong kuku di saat anak sudah terlelap dianggap waktu yang paling tepat untuk Anda memotong kukunya yang sudah panjang itu, Moms.
ADVERTISEMENT

2. Mengalihkan perhatian

Mengalihkan perhatiannya ke arah lain dianggap dapat membuat si kecil tak merasa takut saat kukunya dipotong. Misalnya, ajak ia gunting kuku sambil menonton serial televisi favoritnya untuk sementara waktu.
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92771)
Ilustrasi potong kuku balita. Foto: Shutterstock

3. Lakukan dengan posisi memeluk

Anda dapat duduk dalam posisi membelakangi sang buah hati yang sedang memeluk Anda (dari belakang). Posisi ini dianggap dapat memberikan ketenangan baginya bahwa Anda bersama dengannya saat ia merasa gelisah akibat potong kuku.
Cerita Nycta Gina yang Pernah Trauma saat Potong Kuku Anak (92772)
Kuku anak lebih lunak dan tipis dibanding kuku orang dewasa. Foto: Pixabay

4. Tenangkan dan yakinkan

Katakanlah padanya bahwa menggunting kuku tak akan membuatnya terluka. Saat menggunting kukunya, Anda pun harus bersikap tenang. Sebab jika Anda merasa cemas atau bahkan stres, hal ini akan berpengaruh pada diri si kecil.
Jika Anda berhasil memotong kukunya hingga selesai, jangan lupa untuk mengapresiasi dengan cara memberi pelukan atau pujian karena anak tak rewel atau menangis saat proses gunting kuku tersebut.
ADVERTISEMENT