Mom
·
5 Juni 2021 11:01
·
waktu baca 1 menit

Cara Pijat Laktasi Sendiri di Rumah agar ASI Lancar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Pijat Laktasi Sendiri di Rumah agar ASI Lancar (50251)
searchPerbesar
Cara Pijat Laktasi Sendiri di Rumah agar ASI Lancar Foto: Shutterstock
Memijat payudara atau pijat laktasi bisa menjadi salah satu cara untuk memperlancar produksi ASI. Ya Moms, pijat laktasi dapat dilakukan dengan menggunakan ujung jari, lalu memberikan tekanan lembut ke payudara dan menggerakkan jari dengan gerakan melingkar.
ADVERTISEMENT
La Leche League International, organisasi non-pemerintah nirlaba yang memberikan edukasi soal menyusui, juga merekomendasikan pijat laktasi agar produksi ASI Anda lancar. Selain itu, pijat laktasi juga dapat memberikan manfaat lain, seperti mengurangi nyeri pada payudara karena pembengkakan ASI, melancarkan saluran ASI yang tersumbat, hingga memudarkan stretch mark.
Lalu bagaimana caranya melakukan pijat laktasi? Caranya mudah, Moms. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah setelah atau sebelum menyusui si kecil.

Langkah-langkah Pijat Laktasi di Rumah agar ASI Lancar

Cara Pijat Laktasi Sendiri di Rumah agar ASI Lancar (50252)
searchPerbesar
Cara Pijat Laktasi Sendiri di Rumah agar ASI Lancar Foto: Freepik
Berikut adalah langkah-langkah pijat laktasi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah seperti dikutip dari Mom Junction:
  1. Pertama, carilah posisi duduk yang nyaman, Anda juga bisa berbaring. Pastikan Anda tenang dan suasana ruangan juga menyenangkan.
  2. Hangatkan tangan dengan menggosokkannya satu sama lain, atau Anda juga bisa menggunakan handuk hangat.
  3. Ambil sedikit minyak atau krim pijat dan gosokkan pada telapak tangan sebagai pelumas. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli laktasi mengenai minyak atau krim yang sesuai.
  4. Mulailah memijat seluruh payudara dengan gerakan melingkar berirama bergerak ke arah ketiak menggunakan ujung jari Anda, lakukanlah dengan lembut dan hindari menggunakan kekuatan yang berlebihan.
  5. Berikan jeda di antara pijatan untuk memerah ASI dengan tangan. Ini akan meningkatkan let down reflex. Jika memerah ASI dengan tangan tampaknya sulit, Anda juga dapat menggunakan pompa payudara.
  6. Setelah ASI mulai mengalir dengan lancar, kurangi jumlah gerakan pijatan dan peras lebih banyak ASI sampai Anda merasa lega.
  7. Anda dapat memijat setiap payudara selama 30 hingga 45 menit sebelum menyusui atau saat mandi. Jika Anda berniat memijat sambil menyusui, biarkan bayi menyusu dari payudara sementara Anda memijat payudara yang lain.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, Moms? Apakah langkah-langkah pijat laktasi ini membantu Anda? Semoga saja, pijat laktasi ini bisa membuat ASI Anda lancar, ya.