Mom
·
13 Januari 2021 16:00

Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui (245916)
Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui Foto: Freepik
Pijat payudara memiliki banyak manfaat untuk wanita, seperti mengidentifikasi kanker payudara, meredakan sakit otot, hingga memperlancar ASI untuk ibu menyusui. Ya Moms, pijat payudara yang dilakukan untuk memperlancar ASI dikenal dengan pijat laktasi.
ADVERTISEMENT
La Leche League International, organisasi non-pemerintah nirlaba yang memberikan edukasi soal menyusui, juga merekomendasikan pijat laktasi. Pada laman resmi mereka dijelaskan, pijat laktasi dapat dilakukan dengan menggunakan ujung jari untuk memberikan tekanan lembut ke payudara dan menggerakan jari dalam gerakan melingkar. Pijatan dimulai dengan memijat payudara dari bagian atas dan putar ke arah areola.
Lalu, apa saja manfaat pijat laktasi bagi ibu menyusui?

Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui

Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui (245917)
Manfaat Pijat Laktasi Foto: Freepik
  1. Melepaskan Oksitosin
Pijat laktasi dapat melepaskan oksitosin yakni hormon perasaan senang yang menyebabkan kelenjar di payudara berkontraksi dan mengisi saluran ASI. Pijatan lembut pada payudara merupakan cara yang bagus untuk merangsang pelepasan oksitosin karena tidak menyebabkan rasa sakit yang dapat menghalangi produksi oksitosin.
ADVERTISEMENT
Oksitosin juga bisa meningkatkan pelepasan prolaktin, yakni hormon yang memberi tahu tubuh ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.
  1. Mengurangi Pembengkakan Payudara
Pembengkakan yang biasanya dirasakan pada awal menyusui dapat berkurang dengan melakukan pijat laktasi. Pijat payudara juga dapat membantu proses pengosongan agar melembutkan jaringan payudara, sehingga menyusui lebih mudah dan efektif.
  1. Memperlancar Aliran ASI
First Cry Parenting melansir, bahwa pijat laktasi dapat memperlancar aliran ASI karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bisa membantu melepaskan oksitosin. Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pijat laktasi dapat mengosongkan saluran ASI dengan baik dan merangsang produksinya.
  1. Mengurangi Saluran Tersumbat dan Mastitis
Saluran ASI tersumbat atau mastitis ini merupakan hal yang cukup menyakitkan selama menyusui. Tindakan terbaik untuk menguranginya yakni dengan terus menyusui bayi dan bisa ditolong dengan pijat laktasi untuk memperlancar salurannya yang tersumbat.
ADVERTISEMENT
  1. Mempermudah Bayi Menyusui
Bayi merasa sulit untuk menyusu pada puting yang terlalu keras, sehingga pijat laktasi dapat melembutkan payudara dan memastikan si kecil lebih mudah menyusu.