Mom
·
18 Oktober 2020 14:00

Cara Tya Ariestya Kenalkan Warna pada Anak Batitanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Tya Ariestya Kenalkan Warna pada Anak Batitanya (28210)
Tya Ariestya dan anaknya, Kalundra. Foto: Instagram/@tyaariestya
Dua tahun pertama kehidupan anak biasa disebut juga dengan periode emas bagi tumbuh kembangnya. Maka, orang tua diharapkan dapat memberikan stimulasi atau mengenalkan banyak hal baru pada si kecil sesuai dengan usianya.
ADVERTISEMENT
Anak sendiri biasanya lebih senang belajar sesuatu dengan cara bermain. Dengan cara ini, proses belajar pun terasa menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan kreativitasnya. Hal itulah yang juga dilakukan aktris Tya Ariestya pada anak batitanya, Muhammad Kalundra Ratinggang.
Cara Tya Ariestya Kenalkan Warna pada Anak Batitanya (28211)
Tya Ariestya dan anak-anaknya. Foto: Instagram/ @tya_ariestya

Kata Tya Ariestya soal Peran Orang Tua dalam Mengasah Tumbuh Kembang Anak

Di usianya yang baru menginjak 1 tahun 6 bulan, Kalundra sudah mengenal berbagai macam warna. Sebagai ibu, Tya tentu bangga. Menurutnya, peran utama orang tua adalah mengajak anak bermain dan menstimulasinya dengan cara asyik alias menyenangkan agar si kecil dapat menikmati proses belajarnya itu. Sementara itu, biarkan saja anak bermain dengan gembira.
"Itu dulu sih yang utama kalau aku, ini video gemayyyyy sih Kalundra main kayak lego gede gitu kita sambil pengenalan warna buat fun fun dulu," tulis Tya Ariestya dalam salah satu unggahannya.
ADVERTISEMENT
Istri dari Irfan Ratinggang ini kembali mengatakan, dirinya adalah tipe orang tua yang tak ingin anak menjadi stres akibat belajar. Ya Moms, menurut ibu dua anak ini, perkembangan anak-anaknya harus didukung dari apa yang mereka sukai.
"Makanya emang aku agak full mainan sambil cari yang bantu ngembangin kreativitas mereka. Dan so far happy kok sama perkembangan 2 anak saleh di rumah," imbuhnya.
Cara Tya Ariestya Kenalkan Warna pada Anak Batitanya (28212)
Anak mengenal warna Foto: Pixabay

Cara Seru Kenalkan Warna pada Anak

Apa yang Tya Ariestya lakukan untuk dukung tumbuh kembang anak, seperti mengenalkan warna pada si kecil tampaknya bisa Anda tiru. Ya Moms, mengenalkan berbagai macam warna pada anak akan bermanfaat untuk kecerdasan visual hingga emosinya. Setiap warna pun memancarkan aura yang juga bisa merangsang kehalusan rasa anak.
ADVERTISEMENT
Tak melulu harus dengan mendikte anak "ini merah, ini kuning, ini hijau" misalnya, tapi Anda bisa mengajarkan warna pada si kecil dengan cara yang menyenangkan. Berikut kumparanMOM telah merangkumnya untuk Anda.
1. Flash Card
Selama di rumah aja, Anda tetap bisa kok mengenalkan anak berbagai warna dengan permainan flash card. Bila tertarik, Anda bisa buat sendiri flash card tersebut, Moms. Caranya, siapkan karton tebal kemudian gunting kertas warna-warni. Ajaklah anak batita Anda menempel warna itu sesuai petunjuk yang Anda berikan. Dan ingat, tetap awasi si kecil dari benda atau barang yang berbahaya, ya!
2. Sajikan Makanan Berwarna-warni
Dengan menyajikan berbagai jenis makanan yang bervariasi setiap harinya, Anda pun dapat mengenalkan warna pada anak. Ya, seperti menaruh sayuran hijau dan buah seperti stroberi di wadah yang sama. Kemudian katakan padanya, "ini buah stroberi berwarna merah" misalnya. Saat Anda menyajikan makanan yang berbeda, ulangi alias perkenalkan kembali jenis makanan tersebut beserta warnanya.
Cara Tya Ariestya Kenalkan Warna pada Anak Batitanya (28213)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock
3. Finger Painting
ADVERTISEMENT
Seni melukis menggunakan jari tangan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk anak, Moms. Ya, kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan sensorik motorik dan kreativitas anak. Si kecil pun bisa mengenal konsep warna karena akan ada banyak warna yang ia gunakan. Tapi saat bermain bersama anak, tetap awasi dan gunakan cat yang aman untuk si kecil, ya, Moms.
Nah Moms, itulah cara yang dilakukan Tya Ariestya dan beberapa cara lain yang juga dapat Anda lakukan untuk mengenalkan warna pada anak batita Anda. Selain ide di atas, adakah ide atau cara lain yang Anda lakukan pada si kecil? Yuk, berbagi ceritanya di kolom komentar.