kumparan
9 Mei 2019 17:26

Catat, Ini Panduan Buka Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil makan buah
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
Ibu hamil boleh berpuasa, asal yakin tubuhnya kuat dan tentunya mendapat izin dari dokter kandungan. Selama berpuasa, ibu hamil harus tetap memerhatikan asupan nutrisinya. Karenanya, Anda tak boleh sembarang makan saat waktu buka puasa tiba.
ADVERTISEMENT
Mengkonsumsi makanan bergizi saat buka puasa wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan janin. Nah Moms, berikut adalah panduan buka puasa sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda ikuti.
  1. Awali dengan makanan manis
kurma
kurma Foto: Shutterstock
Berbuka dengan makanan manis memang disarankan untuk menggantikan kadar gula yang hilang selama puasa. Tapi jangan berlebihan ya, Moms. Berlebihan mengkonsumsi makanan manis berisiko membuat ibu hamil obesitas.
Hindari pula makanan atau minuman manis yang menggunakan es, karena minumn tersebut bisa menyebabkan perut kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat.
  1. Jangan mengkonsumsi gorengan saat buka puasa
Gorengan platter
Gorengan platter Foto: Azalia Amadea/kumparan
Sebaiknya jangan langsung berbuka dengan gorengan berminyak seperti bakwan, tahu atau tempe goreng. Mengkonsumsi gorengan langsung saat berbuka puasa bisa membuat lambung Anda terasa begah akibat tingginya kandungan lemak pada gorengan. Hal tersebut bisa membuat lambung kesulitan mengolah makanan di dalam tubuh, sehingga bisa saluran pencernaan Anda tidak nyaman.
ADVERTISEMENT
  1. Cukup minum air putih
Air 2
Rutin minum air putih agar tidak dehidrasi dan urine berwarna bening. Foto: Thinkstock
Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda untuk mencegah dehidrasi selama puasa. Berdasarkan penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, mengkonsumi air putih dapat meingkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen. Metabolisme tersebut dapat mengubah nutrisi yang Anda makan menjadi energi. Mengkonsumsi cukup air putih saat berbuka juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama Anda berpuasa.
  1. Tunda Mengkonsumsi Makanan Berat
Ilustrasi nasi ayam hainan
Resep nasi ayam hainan yang enak untuk anak Foto: Shutterstock
Jangan langsung mengkonsumsi makanan berat. Sebaiknya berikan jeda dengan salat magrib terlebih dahulu, agar pencernaan Anda tidak dipaksa bekerja keras setelah beristirahat seharian. Makanlah dengan porsi sedikit-sedikt tapi sering untuk menghindari naiknya asam lambung saat hamil.
  1. Jangan terlalu kenyang
Ilustrasi ibu hamil mual
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstock
Meskipun tidak makan dan minum seharian, Anda harus mengontrol porsi makan saat berbuka. Makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan gula darah pada tubuh Anda secara tiba-tiba. Terlalu kenyang juga akan membuat perut Anda tidak nyaman, Moms.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan