Mom
·
5 Januari 2021 8:04

Cegah Virus Corona, Ini 6 Cara Agar Sirkulasi Udara di Rumah Jadi Lebih Baik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cegah Virus Corona, Ini 6 Cara Agar Sirkulasi Udara di Rumah Jadi Lebih Baik  (112732)
searchPerbesar
ilustrasi virus corona Foto: Shutterstock
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) virus corona yang menyebabkan COVID-19 dapat disebarkan oleh partikel-partikel kecil yang melayang di udara. Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono, pun menjelaskan mengenai hal ini. Pandu mengungkapkan, corona menyebar di udara dan risiko penularan corona akan semakin besar jika suatu ruangan memiliki ventilasi atau sirkulasi yang buruk.
ADVERTISEMENT
Udara prinsipnya harus dapat keluar dan tidak berputar di dalam satu ruangan saja. Itulah kenapa kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan bila perlu memperbaiki semua sistem ventilasi dan sirkulasi di dalam ruangan tertutup, termasuk di rumah.
Bukan berarti semua rumah harus punya alat pembersih udara yang canggih dan mahal lho, Moms. Ada cara-cara sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk memastikan sirkulasi udara di rumah kita jadi lebih baik. Apa saja?
Berikut tips dari kumparanMOM untuk Anda:

Cara Supaya Sirkulasi Udara di Rumah Lebih Baik

Cegah Virus Corona, Ini 6 Cara Agar Sirkulasi Udara di Rumah Jadi Lebih Baik  (112733)
searchPerbesar
Cara Supaya Sirkulasi Udara di Rumah Lebih Baik Foto: shutterstock
  1. Rutin membuka jendela supaya sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan dan terjadi sirkulasi udara.
  2. Turunkan, cuci dan ganti tirai atau gorden yang terpasang di jendela sesering mungkin. Bila terasa merepotkan, usahakan lah untuk melakukannya setidaknya 1 minggu sekali.
  3. Bersihkan kaca, kusen jendela dan teralis dengan cairan detergen.
  4. Bersihkan juga secara rutin kawat kasa penutup lubang ventilasi. Bila sudah rusak, jangan enggan untuk menggantinya.
  5. Jangan biarkan polusi udara dari luar masuk ke dalam rumah karena dapat berpengaruh pada kesehatan maupun daya tahan tubuh keluarga. Salah satunya dengan memastikan rumah Anda bebas asap rokok.
ADVERTISEMENT
Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat tinggal, semoga kita dapat terhindar dari ancaman infeksi virus corona.