Mom
·
15 Agustus 2020 16:30

Cerita Mona Ratuliu yang Sempat Lakukan Diet saat Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Mona Ratuliu yang Sempat Lakukan Diet saat Hamil (11695)
Cerita Mona Ratuliu yang Sempat Lakukan Diet saat Hamil. Foto: Instagram/ @monaratuliu
Saat hamil, penting bagi Anda memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab, apa yang Anda konsumsi selama kehamilan akan berdampak pada tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, Moms. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi.
ADVERTISEMENT
Namun, pernahkah terbesit dalam pikiran Anda untuk menerapkan pola makan rendah karbohidrat atau diet saat hamil? Ya, perubahan fisik hingga kenaikan berat badan tentu akan dialami oleh tiap ibu hamil. Jika bicara soal kenaikan berat badan, tak jarang hal ini membuat beberapa ibu hamil ingin diet. Hal inilah yang pernah dialami oleh salah satu selebriti Tanah Air Mona Ratuliu.
Cerita Mona Ratuliu yang Sempat Lakukan Diet saat Hamil (11696)
Mona Ratuliu dan keluarganya. Foto: Instagram/@monaratuliu
Ibu empat anak ini mengatakan bahwa dirinya pernah melakukan diet karbohidrat pada saat hamil. Hal ini dialaminya pada saat masa kehamilan anak pertamanya karena ia belum memiliki banyak informasi terkait pentingnya nutrisi untuk ibu hamil.
"Kalau dulu pokoknya diet. Enggak makan ini itu yang penting minum vitamin," katanya dalam 'Live Talk: Golden Start Club - Partner Terpercaya di 1000 Hari Pertama si Kecil' bersama kumparanMOM yang dihelat belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Namun, seiring berjalannya waktu, istri dari Indra Brasco ini menyadari betapa pentingnya asupan nutrisi selama hamil. Tak hanya itu, bertambahnya anak juga membuat dirinya belajar dan mendapatkan banyak informasi seputar kehamilan hingga menyusui.
"Padahal, ternyata selain vitamin yang lain juga perlu. Ada protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, dan sebagainya juga diperlukan selama hamil," ujar Mona Ratuliu.
Lantas sebenarnya, amankah melakukan diet pada saat hamil?
Cerita Mona Ratuliu yang Sempat Lakukan Diet saat Hamil (11697)
Ilustrasi ibu hamil lakukan diet saat hamil. Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Diet saat Hamil

dr. Reino Rambey, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan menjelaskan bahwa kehamilan bukanlah saat yang tepat untuk melakukan diet. Untuk itu, bagi Anda yang sedang hamil disarankan untuk tak menerapkannya, Moms. Itu karena, ibu hamil membutuhkan asupan bergizi selama yang nantinya akan berdampak baik pada perkembangan bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
"Nutrisi itu sangat penting. Apabila ibu hamil melakukan diet akan menyebabkan risiko pada bayinya sendiri. Entah dari bayi lahir dengan berat badan rendah, kurang gizi, dan sebagainya," pungkasnya saat menghadiri acara yang sama.
Ya Moms, daripada melakukan diet, lebih baik Anda menerapkan pola makan bergizi seimbang. Hal ini tentu akan jauh lebih baik untuk kesehatan ibu maupun bayi di dalam kandungan. Selain itu, agar tubuh tetap sehat selama hamil, Anda pun disarankan untuk dapat rutin berolahraga, istirahat yang cukup, hingga menghindari makanan cepat saji.