Mom
·
15 Februari 2020 14:04

Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45753)
Ilustrasi liburan bersama bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock
Setelah melahirkan dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit, sebagian besar ibu baru pasti memiliki niat mengajak bayi baru lahir mereka untuk bepergian. Misalnya saja ke berkunjung ke rumah saudara, nenek, mal, tempat rekreasi, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, mungkin Anda juga dilanda rasa khawatir karena si kecil masih rentan terkena paparan virus atau bakteri dari luar.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45754)
Ilustrasi liburan bersama bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock
Tapi tenang saja, Moms. Sebenarnya dalam dunia medis tidak ada larangan untuk mengajak bayi bepergian, asal lokasi yang dituju adalah tempat yang nyaman, bersih, tak terlalu ramai, dan bebas dari polusi atau asap rokok.
Jika Anda hanya keluar rumah selama beberapa jam saja, maka tidak perlu membawa banyak barang, Moms. Ingat, jangan jadikan ini menjadi suatu hal yang merepotkan. Lebih lanjut, yuk simak daftar perlengkapan bepergian bayi baru lahir apa saja yang harus dibawa berikut ini.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45755)
pakaian bayi Foto: Shutterstock
1. Pakaian bayi
Pakaian menjadi salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibawa, Moms. Anda pun dapat menyesuaikan jumlah baju sesuai dengan perjalanan yang akan ditempuh. Perkirakan juga apakah ada kemungkinan si kecil membutuhkan pakaian ekstra karena baju kotor, akibat terkena muntah atau noda.
ADVERTISEMENT
Jika Anda hanya keluar ke rumah saudara atau nenek dalam kota yang sama dengan yang Anda tinggali misalnya, 2-4 set pakaian bayi sudah cukup.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45756)
Ilustrasi memilih popok sekali pakai Foto: Shutterstock
2. Popok bayi dan perlak kecil
Frekuensi buang air kecil atau buang air kecil bayi baru lahir masih tinggi alias sering. Maka dari itu, jangan sampai Anda kehabisan persediaan popok saat ia mendadak buang air besar atau buang air kecil di perjalanan. Ada baiknya, Anda juga harus mengecek popok bayi tiap 2-3 jam sekali. Sebab jika popok sudah terisi penuh, sebaiknya segera diganti.
Sebaliknya jika dibiarkan terlalu lama, kemungkinan besar akan membuat kulit di sekitar paha dan kemaluan bayi lembap dan sulit bernapas. Akibatnya, kotoran pun akan menumpuk atau menempel di kulit bayi dan berisiko sebabkan iritasi atau gatal-gatal. Jika Anda akan menghabiskan waktu di luar seharian penuh bersama si kecil, bawa 6-10 popok sekali pakai mungkin cukup, Moms.
ADVERTISEMENT
Selain itu, jangan lupa untuk membawa alasnya berupa perlak kecil, Moms. Karena hal ini untuk menghindari noda atau kotoran tertinggal di tempat Anda menggantikan popok, misalnya kursi mobil. Selain berguna sebagai alas untuk menggantikan popok, perlak juga berguna sebagai alas pada saat Anda ingin menggantikan pakaian si kecil.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45757)
Ilustrasi susu formula. Foto: Shutterstock
3. Susu formula
Bila karena alasan medis tertentu Anda sedang memberikan susu formula kepada si kecil, itu artinya persediaan susu yang cukup menjadi suatu hal yang penting dibawa. Sesuaikan stok susu dengan usia dan kebutuhan minum si kecil ya, Moms. Jika tak ingin repot, Anda dapat membawa satu kaleng susu ukuran kecil.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45758)
Ilustrasi hand sanitizer dan sabun. Foto: Shutter Stock
4. Hand sanitizer
Saat Anda hendak menggantikan popok si kecil atau menggendongnya, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, ya! Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bayi masih rentan terkena penyakit. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan lupa membawa hand sanitizer atau sabun antiseptik.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45759)
Tisu Basah Foto: Shutter Stock
5. Tisu
ADVERTISEMENT
Jangan lupa juga untuk membawa tisu basah dan tisu kering. Karena dua barang ini sangat penting ketika Anda hendak membersihkan bayi sehabis buang air besar atau buang air kecil di perjalanan.
Hal ini juga guna mengantisipasi kondisi di tempat tujuan Anda, Moms. Mungkin saja di sana tidak ada air bersih sehingga tisu basah dan tisu kering sangat berguna. Untuk tisu basah, pilihlah tisu yang non-perfumed untuk menghindari alergi pada kulit si kecil.
Daftar Perlengkapan Bepergian Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibawa (45760)
Ilustrasi Mainan Bayi Foto: Pixabay
6. Perlengkapan lain
Hal ini tergantung kebijakan dan yang Anda rasa perlu bawa saat bepergian, Moms. Anda mungkin saja bisa membawa satu atau beberapa mainan untuk menghibur si kecil agar tidak bosan, kantong kresek untuk membuang popok bayi yang kotor atau muntah si kecil, jaket, dan selimut agar tak kedinginan.
ADVERTISEMENT