Mom
·
6 Desember 2020 19:04

Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165281)
Ilustrasi MPASI Bayi Foto: Shutterstock
Sebagai ibu baru, Anda mungkin sangat bersemangat untuk menyambut momen pertama memberikan MPASI bayi. Ya, berbagai hal pun Anda siapkan. Mulai dari memilih bahan untuk makanan bayi yang bergizi, hingga menyiapkan perlengkapan makan dan memasak MPASI-nya.
ADVERTISEMENT
Ada banyak perlengkapan yang bisa memudahkan Anda dalam membuat makanan bayi. Tapi sebenarnya, dengan perlengkapan sederhana yang sering terlihat di dapur pun, Anda bisa memasak MPASI si kecil. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan? Yuk, simak daftarnya di sini.

Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi

  1. Panci
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165282)
Panci Foto: Pikist
Anda bisa menyiapkan panci khusus memasak MPASI bayi. Perlengkapan ini tentunya sudah familiar dan menjadi benda yang pasti ada di dapur. Panci sendiri bisa digunakan untuk memasak bubur, menumis atau memasak sayuran dan lauk si kecil. Akan lebih menyenangkan, jika Anda juga punya panci yang sekaligus bisa digunakan untuk mengukus makanan bayi.
Sebelum membeli panci, perhatikan bahan bakunya. Anda bisa menggunakan panci berbahan dasar stainless steel, kaca, atau enamel keramik.
ADVERTISEMENT
  1. Pisau
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165283)
Pisau Foto: Pikist
Tentunya pisau menjadi salah satu peralatan memasak MPASI yang perlu Anda miliki. Nah Moms, Anda bisa memisahkan penggunaan pisau untuk bahan mentah dan matang agar tidak terjadi kontaminasi silang. Bila hanya menggunakan satu pisau saja, pastikan Anda sudah mencucinya dengan sangat bersih agar higienis.
  1. Talenan
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165284)
Ilustrasi talenan. Foto: Thinkstock
Persiapkan juga dua talenan yang berbeda, Moms. Satu untuk memotong bahan mentah, dan satu lagi untuk memotong makanan matang. Dilansir BBC Good Food, talenan perlu dipisahkan karena terbukti mengandung sejumlah bakteri yang mengkhawatirkan.
Jadi, Anda juga perlu untuk cek talenan secara teratur, jika sudah banyak sayatan dari pisau lebih baik diganti. Sayatan tersebut biasanya menjadi sarang bakteri.
  1. Blender/Chopper
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165285)
Blender Foto: Pixabay
Blender atau chopper bisa digunakan oleh untuk menghaluskan makanan yang telah matang sebelum diberikan kepada bayi. Menghaluskan MPASI menggunakan blender atau chopper akan mempermudah pekerjaan. Selain itu, blender atau chopper juga bisa digunakan untuk membuat puree buah.
ADVERTISEMENT
  1. Saringan
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165286)
Saringan Foto: Pixabay
Selain menggunakan blender, Anda sebenarnya bisa menghaluskan makanan bayi dengan menggunakan saringan. Tentunya, hal ini juga bisa menghemat budget Anda, Moms. Dengan menggunakan saringan, Anda bisa menentukan sendiri sampai sejauh mana tekstur makanan bayi akan dihaluskan.
  1. Slow Cooker
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165287)
Ilustrasi masak makanan bayi menggunakan slow cooker. Foto: Shutter Stock
Jika Anda ingin memasak MPASI yang praktis, Anda bisa juga menggunakan slow cooker. Penggunaan slow cooker ini sangat mudah karena tinggal memasukkan semua bahan makanan dan dimasak dengan suhu yang kecil. Namun, masak dengan menggunakan slow cooker memang butuh waktu jauh lebih lama.
Saat memasak dengan slow cooker, Dokter Spesialis Anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A (k) dalam bukunya yang berjudul ‘Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI’ menjelaskan agar jangan sampai slow cooker dibuka tutup atau sering dibuka. Sebab, hal itu bisa memudahkan kontaminasi bakteri.
ADVERTISEMENT
  1. Food Processor
Daftar Perlengkapan untuk Masak MPASI Bayi (165288)
Food processor untuk MPASI. Foto: Getty Images
Alat lain yang bisa mempermudah memasak yaitu food processor. Benda ini bisa digunakan untuk mengukus, menghaluskan makanan, hingga ada pula yang bisa menghangatkan makanan dan botol susu. Semakin canggih food processor yang dibeli, biasanya fungsinya akan semakin beragam, Moms.