Mom
·
20 Desember 2020 13:58

Daftar Tempat Rapid Test Antigen di Jakarta Timur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar Tempat Rapid Test Antigen di Jakarta Timur (509970)
searchPerbesar
Seorang petugas medis mengambil sampel dari seorang siswa sekolah menengah untuk menguji virus Corona, di Surabaya. Foto: AFP/JUNI KRISWANTO
Tes rapid dan tes swab atau PCR untuk mendeteksi infeksi virus corona tentu sudah sering kita dengar. Kedua jenis tes ini memang sudah dikenal luas. Namun kini telah muncul inovasi baru dengan tingkat akurasi yang berbeda, namanya rapid test antigen.
ADVERTISEMENT
Beberapa hari terakhir, rapid test antigen ramai dibicarakan terkait adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan rapid test antigen untuk mereka yang ingin berlibur ke luar kota.
Rapid test antigen kerap juga disebut swab antigen. Sebab tes dilakukan dengan mengambil sampel dahak dari hidung atau tenggorokan melalui swab. Jadi rapid test antigen dengan swab test antigen sama saja, Moms.
Perlu juga diketahui, sesuai namanya rapid test antigen bertujuan untuk mendeteksi keberadaan antigen di dalam sampel partisipan. Dalam hal ini, rapid test antigen ditujukan untuk mendeteksi kulit protein dari virus corona. Itulah kenapa, akurasi rapid test antigen untuk deteksi COVID-19 masih di bawah PCR.
ADVERTISEMENT
Meski begitu tes rapid antigen atau swab antigen tetap jauh memiliki akurasi yang lebih baik ketimbang rapid test biasa yang menggunakan sampel darah atau biasa disebut rapid test antibodi.
Lantas, di mana kita dapat melakukan tes swab antigen?
Kali ini kumparanMOM merangkum informasi* lokasi, nomor telepon serta biaya tes swab antigen di wilayah Jakarta Selatan.
Kali ini kumparanMOM merangkum informasi* lokasi, nomor telepon serta biaya tes swab antigen di wilayah Jakarta Timur.

Tempat Rapid Test atau Tes Swab Antigen di Jakarta Timur

Daftar Tempat Rapid Test Antigen di Jakarta Timur (509971)
searchPerbesar
Tempat Rapid Test atau Tes Swab Antigen di Jakarta Timur Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Global Doctor Clinic
Jl. Kayu Manis No.21a, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Telepon (021) 8004307. Biaya Rp 500.000.
ADVERTISEMENT
Klinik Puspita
Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jl.Buperta, Cipayung, Jakarta Timur (drive thru). Biaya Rp 249.000.
Laboratorium Klinik Pramita
Jl. Matraman Raya No.24, Kebon Manggis, Jakarta Timur. Telepon (021) 85908530. Biaya Rp 450.000.
Halomedika
JIEP - Jakarta Industrial Estate Pulogadung Office, Kawasan Industri Pulogadung, Jl. Pulobuaran V, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur (drive thru). Telepon (021) 4600305. Biaya Rp 299.000.
Nah Moms, itulah beberapa tempat yang dapat Anda datangi untuk melakukan tes swab antigen di Jakarta Timur.
Untuk memastikan ketersediaan layanan, sebaiknya buat janji atau hubungi dulu melalui telepon. Tanyakan juga informasi harga yang terbaru, sebab Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah menyepakati batas harga tertinggi rapid test antigen di Pulau Jawa sebesar Rp 250 ribu dan di luar pulau Jawa Rp 275 ribu.
ADVERTISEMENT
*Informasi dirangkum tim kumparanMOM pada 17 Desember 2020