Mom12 September 2020 19:36

Fenugreek sebagai ASI Booster, Ampuh Enggak Ya?

Konten Redaksi kumparan
Fenugreek sebagai ASI Booster, Ampuh Enggak Ya? (30903)
Fenugreek dianggap dapat melancarkan ASI. Foto: Shutterstock
Berbagai cara dilakukan ibu menyusui agar produksi ASI bisa lancar, salah satunya dengan mengonsumsi ASI booster. Ya Moms, ASI booster seperti fenugreek misalnya, dipercaya dapat meningkatkan pasokan ASI Anda.
ADVERTISEMENT
Dilansir Verywell Family, fenugreek atau trigonella foenum-graecum sendiri merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari Timur Tengah dan Mediterania. Fenugreek juga telah digunakan selama beratus-ratus tahun sebagai bumbu masak, mengobati berbagai penyakit, hingga dinilai dapat meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.
Lantas, benarkah fenugreek ampuh sebagai booster ASI?
Fenugreek sebagai ASI Booster, Ampuh Enggak Ya? (30904)
Fenugreek, Makanan Pelancar ASI Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Fenugreek sebagai ASI Booster

Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Menyusui, dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC mengatakan bahwa fenugreek memang dapat dikatakan sebagai galactogogue --pelancar ASI, namun itu semua tergantung dari dosis yang dipakai ibu menyusui. Itu artinya, bila ibu mengonsumsi fenugreek dalam takaran yang tepat, maka fenugreek dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
"Yang biasa dikonsumsi ibu-ibu itu kadang tak sebanyak itu (dosis). Kalau menggunakannya bukan dosis galactogogue, mungkin efek yang dihasilkan itu ya efek ketenangan (produksi ASI meningkat nantinya)," kata dr. Wiyarni ketika dihubungi kumparanMOM pada Kamis (10/9).
ADVERTISEMENT
Dokter yang praktik di BJ Medical Center Jakarta Barat ini kembali menjelaskan, di beberapa negara atau bahkan tempat seperti konseling menyusui, fenugreek dipakai sebagai aromaterapi. Ya, karena hal ini dipercaya jika seorang ibu menghirup aroma fenugreek tersebut, maka bisa membuat ASI-nya lancar. Padahal, hal ini belum terbukti secara ilmiah.
Namun, ia pun tak melarang apabila ibu menyusui ingin mengonsumsi fenugreek atau makanan yang dianggap dapat melancarkan ASI. Sebab, hal ini kembali pada kepercayaan diri masing-masing.
Fenugreek sebagai ASI Booster, Ampuh Enggak Ya? (30905)
Ilustrasi ibu menyusui minum teh fenugreek. Foto: Shutterstock
"Makin banyak orang bilang ampuh, pada saat kita mengonsumsi sesuatu yang dibilang oleh banyak orang ampuh itu, kita tuh dapat banyak keyakinan. Jadi, kayak mindset yang positif kalau kita mengonsumsi apa yang dibilang orang lain ini bermanfaat, ampuh," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kelly Bonyata, IBCLC, Konselor Laktasi dari International Board-Certified Lactation Consultant dalam laman resminya menganjurkan ibu menyusui mengonsumsi minimal 3,5 gram fenugreek dalam sehari. Ia juga menyebut bahwa peningkatan produksi ASI dapat dilihat dalam 24-72 jam setelah mengonsumsi fenugreek. Namun, bisa juga memakan waktu yang lebih lama hingga 2 minggu.
Adapun, fenugreek kini dapat ditemui dengan mudah dalam berbagai macam bentuk seperti bubuk, biji, teh, hingga kapsul. Anda dapat memilih bentuk mana pun yang Anda inginkan. Jika ingin praktis, Anda bisa konsumsi fenugreek dalam bentuk kapsul, Moms.
Selain itu, fenugreek tak dapat terus membantu Anda mempertahankan jumlah ASI perah yang diproduksi ya, Moms. Ya, hal ini harus tetap diimbangi dengan seringnya Anda menyusui si kecil. Sebab, semakin sering mengosongkan payudara, maka ASI akan cepat diproduksi lagi.
Fenugreek sebagai ASI Booster, Ampuh Enggak Ya? (30906)
Fenugreek, Makanan Pelancar ASI Foto: Shutterstock

Efek Samping Fenugreek sebagai ASI Booster

Perlu Anda ketahui pula, Moms, bahwa fenugreek memiliki efek samping pada sebagian ibu menyusui. Dalam artian, tak semua ibu menyusui cocok mengonsumsi fenugreek. Efek sampingnya apa saja? Mulai dari Anda memproduksi keringat berlebih, bau urine seperti sirup maple, diare, mual, hingga muntah.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda penderita diabetes dan mengonsumi fenugreek, Anda pun harus berhati-hati. Sebab, fenugreek dapat memengaruhi kadar gula dalam darah penderita diabetes. Oleh karena itu, waspadai tanda gula darah rendah atau hipoglikemia.
Jadi, apabila Anda tetap ingin konsumsi fenugreek atau makanan lain yang dianggap dapat menjadi ASI booster, sebaiknya tetap konsultasikan hal tersebut ke dokter atau konselor laktasi, ya, Moms. Karena kondisi tiap ibu menyusui bisa berbeda-beda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white