Mom19 Juni 2018 12:55

Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat

Konten Redaksi kumparan
Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat  (12025)
Ilustrasi Ibu Hamil (Foto: Thinkstock)
Selamat datang di trimester kedua kehamilan, Moms. Pada masa ini, biasanya Anda akan lebih menikmati kehamilan. Morning sickness yang biasanya Anda rasakan di trimester pertama kehamilan berkurang, sehingga masa-masa kehamilan terasa lebih menyenangkan. Meski begitu, beberapa gangguan lain mungkin masih akan menyerang Anda, Moms, seperti:
ADVERTISEMENT
1. Perut Gatal
Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat  (12026)
Stretch mark pada ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Saat hamil, kulit mengalami peregangan. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit kering, sehingga perut Anda terasa gatal. Tapi jangan menggaruknya ya, Moms.
Atasi dengan cara mandi menggunakan air dingin atau dengan cara mendinginkan daerah gatal yang telah dilapisi pakaian dari katun. Setelah itu, gunakan pelembap tanpa pewangi, minyak zaitun atau baby oil agar kulit Anda tidak kering.
2. Sembelit
Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat  (12027)
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Meningkatnya hormon progesteron memengaruhi kerja otot-otot halus menjadi lebih relaks. Akibatnnya, organ perut dan usus bekerja lebih lamban. Daya dorong usus ke sisa-sisa makanan lebih lambat sehingga membuat sisa makanan menumpuk dan menyebabkan Anda terserang sembelit.
Jangan khawatir, Moms, atasi sembelit dengan cara minum 8 gelas satu hari, perbanyak makanan ber serat, dan olahraga secara teratur.
ADVERTISEMENT
3. Kram
Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat  (12028)
Ilustrasi kaki kram (Foto: Thinkstock)
Kram pada bulan keempat kehamilan disebabkan karena ketidakseimbangan kadar mineral di dalam darah akibat kurang asupan kalsium, vitamin B dan kurang cairan, lelah yang berkepanjangan, gangguan aliran darah, atau disebabkan akibat postur tubuh yang salah. Mislanya berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama.
Untuk mengatasinya, Anda bisa mengendurkan otot yang kejang dengan meluruskan kedua kaki. Satu tangan menarik telapak kaki yang kram ke arah Anda, tangan lainnya menekan lutut ke bawah. Lalu tahan beberapa detik, dan ulangi berkali-kali.
4. Pelupa
Gangguan Kehamilan yang Sering Menyerang Ibu di Bulan Keempat  (12029)
Ilustrasi ibu hamil cemas (Foto: Thinkstock)
Perubahan hormon, yaitu adanya hormon oksistosin yang mempunyai efek amnesia dan tingginya hormon progesteron dalam tubuh bisa memengaruhi daya ingat. Anda pun jadi muda lupa, Moms. Selain akibat hormon, kondisi ini juga bisa dipengaruhi akibat kekurangan zat besi selama kehamilan.
ADVERTISEMENT
Agar Anda tak mudah lupa, atasi dengan cara perbanyak makan daging merah dan sayuran hijau apabila kondisi tersebut dikarenakan defsiensi zat besi. Anda juga bisa mencatat semua yang penting dan pasang sistem pengingat di gadget Anda, serta meminta suami untuk mengingatkan Anda akan suatu hal penting.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white