Mom
·
17 Oktober 2020 9:25

Ibu Hamil Ambeien, Bahayakah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ibu Hamil Ambeien, Bahayakah? (16569)
Ilustrasi ibu hamil mengalami ambeien atau wasir. Foto: Dok. Shutterstock
Selain mual, muntah, pusing, kelelahan, hingga kram di bagian perut, salah satu hal yang juga sering dikeluhkan ibu hamil ialah ambeien atau wasir (istilah medisnya hemoroid). Ya, ambeien memang dapat terjadi saat hamil. Terlebih, jika sebelumnya Anda sudah memiliki riwayat tersebut.
ADVERTISEMENT
Ambeien merupakan suatu kondisi yang diakibatkan karena pembuluh darah vena yang membengkak di sekitar dubur --baik di luar, di dalam atau di salurannya. Saat pembuluh darah membengkak, Anda akan merasakan sesuatu yang lunak keluar dari anus. Biasanya ukurannya berbentuk sekecil kismis hingga sebesar anggur.
Lantas, yang menjadi pertanyaan, bahayakah bila ibu hamil ambeien?
Ibu Hamil Ambeien, Bahayakah? (16570)
Ambeien atau wasir saat hamil Foto: Shutterstock

Kata Dokter soal Ibu Hamil Ambeien

dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG-KFER, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sekaligus Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi menuturkan bahwa hemoroid atau ambeien merupakan salah satu hal yang dapat terjadi secara alami pada seorang wanita yang tengah hamil. Adapun dapat dinilai bahaya atau tidaknya, tergantung dari grade (kelas) ambeien itu sendiri.
ADVERTISEMENT
"Tergantung dari grade-nya dan keluhan yang dialami ibu hamil. Kalau ambeiennya grade 1, grade 2, tapi tidak berisiko, tidak menimbulkan pendarahan atau tidak ada nyeri tentunya persalinan spontan tentu saja bisa dikerjakan," kata dr. Yassin kepada kumparanMOM.
Tapi, masih kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan ini, mengalami ambeien saat hamil adalah suatu kondisi yang wajar terjadi. Mengutip laman Women's Health, setidaknya ada sekitar 50 persen ibu hamil mengalami ambeien atau wasir. Biasanya, ambeien terjadi di akhir trimester kedua hingga trimester ketiga kehamilan dan akan membaik setelah melahirkan.
Ibu Hamil Ambeien, Bahayakah? (16571)
Ilustrasi ibu hamil ambeien. Foto: Dok. Shutterstock

Tanda-tanda Ibu Hamil Alami Ambeien

Dilansir Healthline, berikut beberapa tanda atau gejala ibu hamil mengalami ambeien yang perlu Anda ketahui, Moms.
ADVERTISEMENT
1. Ketika buang air besar (BAB) terasa nyeri atau sakit setelahnya.
2. Terasa sensasi panas atau gatal di sekitar dubur.
3. Keluar darah setelah buang air besar (BAB).
4. Ada area kulit yang menonjol di dekat anus.
5. Ketidaknyamanan saat duduk.
Ambeien atau wasir yang terjadi pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah di sekitar anus, desakan tubuh janin ke pembuluh darah di perut dan panggul atau bisa juga karena sering mengejan saat buang air besar (BAB).
Ibu Hamil Ambeien, Bahayakah? (16572)
Ilustrasi ibu hamil ambeien. Foto: Shutterstock

Cara Atasi Ambeien saat Hamil

Untuk mengatasi ambeien saat hamil, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Misalnya perbanyak asupan cairan, makan makanan kaya serat seperti biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan, cobalah untuk tidak mengejan saat buang air besar (BAB), senam kegel, serta mandi air hangat.
ADVERTISEMENT
Namun, bila Anda merasa kondisi ini mengganggu aktivitas, Anda juga bisa meredakan ambeien menggunakan obat yang biasanya berbentuk salep atau krim yang perlu dimasukkan lewat anus. Sebelum memakai obat, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan Anda, ya, Moms. Hal ini penting untuk memastikan apakah obat atau krim yang Anda gunakan aman untuk ibu hamil atau tidak.
Apalagi jika kondisi ambeien yang Anda alami disertai dengan pendarahan hebat, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.