kumparan
search-gray
Mom30 Juni 2020 11:56

Ibu Hamil Punya Kista, Bisakah Melahirkan Normal?

Konten Redaksi kumparan
Stretch mark ibu hamil PTR
Ibu hamil PTR Foto: Shutterstock
Tak sedikit ibu hamil yang memiliki harapan ingin melahirkan secara normal. Meski begitu, ibu hamil dengan kondisi tertentu mungkin saja punya kekhawatiran tidak bisa melahirkan normal atau pervaginam. Misalnya saja, ibu hamil yang memiliki kista.
ADVERTISEMENT
Tapi, benarkah ibu hamil yang memiliki kista tidak bisa melahirkan normal?
perut ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil dengan kista. Foto: Shutterstock
Moms, sebelumnya Anda perlu tahu dulu bahwa ada dua macam kista, yaitu yang berbahaya dan yang tidak. Untuk memastikan kista yang Anda derita berbahaya atau tidak pada kehamilan, maka harus periksa dan dipantau oleh dokter. Demikian yang dikatakan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Achmad Mediana, SpOG.
Kista yang berbahaya pada kehamilan adalah yang ukurannya 6 cm. Dengan ukuran seperti itu, Anda tidak bisa melahirkan normal jika kista tidak dioperasi terlebih dahulu. Ya Moms, artinya bila kista tersebut dioperasi sebelum persalinan, ada kemungkinan Anda bisa melahirkan normal. Menurut dr. Achmad, usia kandungan yang tepat untuk melakukan operasi yaitu sekitar 16-18 minggu.
ADVERTISEMENT
"Bisa, enggak apa-apa tergantung ukurannya. Kista misalnya ukurannya di atas 8 cm, maka pada kehamilan 16-18 minggu anjurannya dioperasi," ujar dr. Achmad, saat dihubungi kumparanMOM, belum lama ini.
Lebih lanjut, dr. Achmad, menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya kista yang berukuran 6 cm adalah untuk menghindari kista terpuntir hingga kista pecah. Sebab, hal itu bisa berisiko pada kesehatan Anda.
"Sebaiknya sebelum melahirkan dioperasi dulu kalau di atas 6 cm. Sebabnya takut ke terpuntir, takut pecah. Nanti takut berpengaruh ke ibunya bukan ke janinnya," jelas dokter yang praktik di RSIA Kemang.
Sedangkan bila kista berukuran kecil dan tidak ganas, maka persalinan normal bisa tetap dijalankan. Namun tentunya dengan tetap mempertimbangkan beberapa aspek kesehatan Anda dan janin.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, untuk itu Anda tidak perlu khawatir, sebab kemungkinan besar Anda masih bisa melahirkan normal bila memiliki kista. Meski begitu, sebisa mungkin Anda sebaiknya melakukan upaya untuk mencegah terjadinya kista. Salah satu caranya dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white