kumparan
search-gray
Mom27 April 2018 8:42

Ingin Menggendong Balita saat Hamil? Ikuti Tips Ini, Moms!

Konten Redaksi kumparan
Ingin Menggendong Balita saat Hamil? Ikuti Tips Ini, Moms! (695483)
Ilustrasi ibu hamil dan anaknya. (Foto: Thinkstock)
Banyak orang yang menyarankan ibu hamil untuk tidak mengangkat beban yang berat-berat. Ember berisi air, koper yang terisi pakaian, atau menggendong balita misalnya. Ini terutama bila Anda memiliki kondisi tertentu seperti leher rahim pendek, riwayat persalinan prematur, atau mengalami komplikasi kehamilan seperti pendarahan atau kontraksi dini.
ADVERTISEMENT
Tapi bila kondisi Anda baik-baik saja dan Anda merasa kuat menggendong balita, bukan berarti bisa bebas melakukannya lho, Moms. Anda perlu selalu berhati-hati. Agar lebih aman, sebaiknya ikuti tips berikut ini:
1. Angkat dengan aman
Hindari mengangkat beban berlebihan, terlalu lama atau melakukan gerakan tiba-tiba yang menyentak. Gerakan yang cepat dan menyentak dapat mengejutkan tubuh Anda. Ini berbahaya.
Jika ingin menggendong balita misalnya, angkat badannya dengan perlahan ke atas untuk membiarkan tubuh Anda terbiasa. Rasakan, benarkah Anda kuat?
Ingin Menggendong Balita saat Hamil? Ikuti Tips Ini, Moms! (695484)
Ibu hamil naik turun tangga (Foto: thinkstock)
2. Gunakan akal sehat
Gunakan selalu akal sehat Anda. Jika saat menggendong Anda merasa ada ketegangan, berhentilah melakukannya. Anda harus percaya pada sinyal yang diberikan tubuh Anda. Beristirahat atau berhentilah setiap saat Anda merasa membutuhkannya.
ADVERTISEMENT
3. Jangan berlebihan
Lakukan semuanya dengan bertahap dan jangan berlebihan. Anda dapat mengatur tahapan ini. Misalnya, pertama menggendong sebentar saja dan tidak bepindah tempat sampai merasa terbiasa, kemudian secara bertahap mungkin bisa jadi lebih lama menggendongnya dan sambil berjalan ke tempat lain.
Tapi jangan berlebihan dengan langsung menggendong lama sambil naik atau turun tangga, misalnya. Apalagi kalau selama ini tanpa menggendong saja Anda sudah merasa sulit atau kepayahan untuk melakukannya. Biasakan dan latih tubuh Anda sambil rasakan kemampuan tubuh Anda saja, Moms.
Pernah melihat wanita hamil yang masih sanggup bekerja memanggul barang dagangan atau bahkan menggendong dua balita sekaligus? Bukan berarti tubuh Anda mampu untuk langsung mencontohnya.
Ingin Menggendong Balita saat Hamil? Ikuti Tips Ini, Moms! (695485)
Ibu hamil periksa ke dokter. (Foto: thinkstock)
4. Lakukan tindakan pencegahan ekstra jika Anda mengalami komplikasi kehamilan
ADVERTISEMENT
Jika dokter sudah memberi Anda peringatan untuk tidak menggendong, turuti ya, Moms. Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa menunjukkan rasa sayang atau memanjakan si sulung atau keponakan Anda tanpa harus menggendongnya kok. Coba saja sering-sering pangku dan peluk mereka. Jelaskan bahwa Anda tetap menyayangi mereka dan akan bisa menggendong mereka lagi setelah melahirkan nanti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white