kumparan
search-gray
Mom21 Februari 2018 8:41

Insomnia Pada Ibu Hamil

Konten Redaksi kumparan
Insomnia Pada Ibu Hamil (89401)
Insomnia ibu hamil (Foto: Thinkstock)
Selama masa kehamilan, calon ibu kerap mengalami gangguan tidur atau insomnia. Padahal kondisi hamil membuat calon ibu cepat merasa lelah, dan rasanya ingin segera tidur. Tapi apa daya? Justru malah sering terjaga.
ADVERTISEMENT
Pemicu insomnia antara lain karena perubahan fisik maupun kondisi psikis ibu hamil. Dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari Boldsky, inilah alasan yang sering membuat ibu hamil insomnia:
1. Bayi Bergerak Terus
Gerakan bayi semakin aktif dan terkadang membuat tidur Anda jadi tidak nyaman. Gerakan bayi secara tiba-tiba juga membuat Anda terbangun dan susah untuk tidur kembali. Biasanya terjadi pada trimester ketiga.
2. Kecemasan Khas Calon Ibu
Insomnia Pada Ibu Hamil (89402)
Ilustrasi ibu hamil cemas (Foto: Thinkstock)
Saat hamil, dan mendekati due date, perasaan cemas kerap melanda calon ibu. Takut persalinannya sakit atau tidak lancar, takut bayi tidak bisa keluar, dan sebagainya. Tubuh Anda dan janin bisa menangkap pikiran negatif Anda ini, Moms. Saat cemas berkelanjutan, Anda rentan stres, dan denyut jantung berdetak lebih cepat. Kondisi ini akan berdampak buruk pada perkembangan janin. Maka dari itu, kelola stres Anda secara tepat.
ADVERTISEMENT
3. Kram di Kaki
Insomnia Pada Ibu Hamil (89403)
Ilustrasi kaki kram (Foto: Thinkstock)
Selama masa kehamilan, ada area tubuh yang mengalami pembengkakan dan kram. Kram di kaki juga biasanya sering ditemui ketika Anda memasuki trimester kedua. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa mengganggu kualitas tidur, dan mungkin membangunkan tidur nyenyak Anda.
4. Perut yang Membuncit
Perut yang semakin membesar bisa membuat ibu hamil susah tidur. Rasanya susah-susah gampang menemukan posisi tidur yang tepat, karena terganjal perut. Gunakan bantal khusus ibu hamil untuk mengganjal bagian punggung bisa membuat lebih nyaman, Moms. Selain itu para ahli juga menyarankan agar posisi ibu hamil tidur dengan menyamping ke kiri, karena dapat melancarkan sirkulasi darah.
5. Asupan yang Dikonsumsi
Perhatikan kandungan asupan yang Anda konsumsi, Moms. Makanan maupun minuman yang mengandung kafein dapat membuat Anda susah tidur. Kalau Anda suka ngopi, pastikan tidak minum kopi di atas jam lima sore ya.
ADVERTISEMENT
6. Mimpi Buruk
Insomnia Pada Ibu Hamil (89404)
Ilustrasi mimpi buruk (Foto: Thinkstock)
Pikiran negatif dan kecemasan memicu mimpi buruk pada malam harinya. Saat Anda terbangun akibat mimpi buruk, seiring kali sulit untuk bisa kembali tidur, dan bertahan sampai keesokan harinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white