kumparan
Mom3 Maret 2020 12:49

Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga, Ini Panduan Mengolah Daging yang Tepat!

Konten Redaksi kumparan
Daging Mentah PTR
Daging Mentah Foto: Shutterstock
Setelah Presiden Jokowi mengumumkan dua orang WNI yang terinfeksi virus corona di Indonesia, Anda mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga daya tahan tubuh keluarga. Meski begitu Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan masyarakat tidak perlu cemas, serta berpesan agar tetap menjaga imunitas tubuh.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk mencegah virus corona adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, Moms. Tapi, bagaimana dengan daging? Apakah aman dikonsumsi, terutama di daerah yang terjangkit virus corona?
Menjawab hal itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memberikan jawabannya, Moms. Menurut WHO, Anda dan keluarga boleh-boleh saja mengkonsumsi daging.
Ilustrasi Daging Sapi
Ilustrasi Daging Sapi Foto: Shutterstock/Stciel
Tapi, pastikan Anda mengolahnya dengan benar. Sebab, mengolah daging yang tidak tepat bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Berikut adalah panduan dari WHO yang bisa Anda ikuti.
  • Meski di daerah yang terkena wabah virus corona sekalipun, daging tetap aman untuk dikonsumsi.
  • Pastikan daging dimasak dengan benar dan diolah dengan baik.
  • Jangan pernah memasak dan mengolah daging hewan yang sakit dan punya penyakit.
ADVERTISEMENT
  • Gunakan alat untuk memotong seperti pisau dan tatakannya atau talenan yang berbeda untuk daging mentah dan matang.
  • Rajin mencuci tangan saat mengolah makanan yang mentah dan matang.
Nah Moms, jadi tak perlu cemas lagi mengkonsumsi daging. Bahan makanan yang tinggi protein itu tetap aman dikonsumsi bila Anda mengolahnya dengan tepat.
ilustrasi keluarga
ilustrasi keluarga Foto: Shutterstock
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari virus corona, ahli gizi DR. dr. Tan Shot Yen, M.hum juga menjelaskan ada 5 cara yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, sebisa mungkin menghindari makanan olahan, memastikan tubuh terkena cahaya matahari dan rutin berolahraga.
Ya, buah merupakan sumber antioksidan, vitamin dan mineral terbaik, Moms. Bila Anda ingin menyajikan buah untuk keluarga, Anda sebaiknya mengkonsumsinya langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Jadi, sebisa mungkin, hindari penggunaan blender, atau menambahkan gula di dalamnya.
ADVERTISEMENT
dr. Tan juga berpesan, untuk mengurangi pembelian minuman yang tinggi kandungan gula, menghindari konsumsi makanan yang mengandung saus kemasan, gorengan, hingga camilan yang tidak jelas nutrisinya. Batasi juga konsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan gula ya, Moms.