kumparan
search-gray
Mom24 Februari 2020 11:24

Kandungan Lemak pada ASI, Apa Manfaatnya untuk Bayi?

Konten Redaksi kumparan
PTR ASI Perah
Kandungan lipid pada ASI, apa manfaatnya untuk bayi? Foto: Shutterstock
Ada banyak nutrisi penting yang terkandung pada ASI. Oleh karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyarankan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilantukan pemberiannya dengan disertai makanan bergizi hingga bayi berusia 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Salah satu kandungan penting yang ada pada ASI adalah lipid atau lemak. Dilansir Verywell Family, ASI setidaknya mengandung 3-5 persen lipid yang bermanfaat untuk membantu bayi menghasilkan energi. Tak hanya itu, kandungan lemak pada ASI juga bisa menambah berat badan bayi, serta membantu perkembangan otak dan penglihatan si kecil. Lipid sendiri menyediakan sumber nutrisi penting, yaitu asam lemak esensial dan kolesterol, Moms
Lemak yang terkandung dalam ASI ketika Anda menyusui bayi, sangat berperan untuk mengendalikan nafsu makannya. Nah Moms, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa jenis lipid pada ASI dan manfaatnya untuk bayi.
ASI Perah
Ilustrasi kandungan lipid pada ASI. Foto: Shutterstock
Trigliserida
Trigliserida adalah salah satu lipid utama yang membentuk 98 persen lemak dalam ASI. Trigliserida berfungsi untuk membentuk, menyimpan, dan melepas energi pada bayi.
ADVERTISEMENT
Kolesterol
Kolesterol yang dimaksud di sini adalah kolesterol baik yang dinamakan steroid. Steroid ini sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Selain itu, zat ini juga sangat dibutuhkan untuk membentuk hormon yang berfungsi mengatur tubuhnya.
Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang minum ASI ternyata memiliki kesehatan jantung yang lebih baik saat mereka dewasa. Selain itu, kadar kolesterol jahat yang mereka miliki pun akan jauh lebih rendah, sehingga terhindar dari penyakit jantung.
Asam Docosahexaenoic (DHA)
ASI perah
Ilustrasi kandungan pada ASI perah. Foto: Shutterstock
DHA adalah asam lemak esensial yang terkandung di dalam ASI. Zat ini berkontribusi untuk perkembangan sistem saraf pusat dan otak bayi Anda. Selain itu, DHA juga bermanfaat untuk penglihatan dan perkembangan mata terutama pada bayi prematur, Moms.
ADVERTISEMENT
Asam Arakidonat (ARA)
Tak hanya DHA, ARA yang juga asam lemak esensial dalam ASI ini juga berperan penting dalam pertumbuhan bayi.
Lipid Kompleks
Lipid kompleks yang ada di dalam ASI, dipercaya sangat penting bagi otak, lambung, usus, dan kulit bayi. Misalnya saja untuk otak dan usus bayi, lipid kompleks ini bisa membantu untuk memerangi infeksi dan membantu mengurangi peradangan di usus.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white