kumparan
4 Februari 2018 18:17

Kanker yang Paling Banyak Menyerang Wanita

paru-paru
Wanita penderita kanker paru-paru (Foto: Thinkstock)
Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di dunia dan bisa menyerang siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Namun, ada beberapa jenis kanker yang berisiko lebih tinggi dialami oleh kaum wanita.
ADVERTISEMENT
Jika Anda berpikir, kanker yang paling mematikan dan sering menyerang wanita adalah kanker payudara. Anda salah.
Dikutip kumparanMom dari laman Best Healh Magazine, kanker yang paling mematikan dan sering menyerang wanita adalah kanker paru-paru.
Setiap tahunnya di Kanada, wanita yang meninggal akibat kanker paru-paru adalah sebanyak 9.200 kematian, lalu diikuti dengan kanker payudara dengan 5.300 kematian, kanker kolorektal 4.100 kematian, kanker pankreas sebesar 1.950 kematian dan kanker serviks sebesar 1.700 kematian.
Untuk memperingati hari kanker sedunia yang jatuh pada hari ini, berikut beberapa jenis kanker yang paling sering menyerang wanita:
1. Kanker Paru-paru
MITOS KANKER
Ilustrasi penderita kanker (Foto: Thinkstock)
Sebenarnya kanker paru-paru lebih berpotensi pada pria yang merokok, tapi dengan seiring berkembangnya zaman dan pergaulan, wanita juga menjadi ‘sasaran empuk’ bagi kanker yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Semakin banyak wanita yang merokok dan terkena asap rokok dari lingkungan, bisa memicu kanker paru-paru berkembang dalam tubuh Anda.
Gejala kanker paru-paru adalah Anda sering batuk berdahak (bahkan sampai berdarah), sesak nafas, sering merasa lelah, sakit kepala, dan kehilangan berat badan secara drastis.
Jika Anda menemui gejala ini pada diri Anda, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter.
2. Kanker Payudara
Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara. (Foto: Pexels)
Jenis kanker yang satu ini memang mayoritas menyerang wanita. Kanker ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali sehingga sel yang harusnya mati justru tidak mati dan pada akhirnya terus bertumbuh menjadi sel kanker.
Sebenarnya, masih belum jelas apa penyebab kanker payudara, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa kanker payudara terjadi karena faktor usia, riwayat keluarga yang terkena radiasi dibagian dada, mengonsumsi alkohol, merokok, dan obesitas.
ADVERTISEMENT
3. Kanker Serviks
Kanker uteris
Kanker uteris. (Foto: Thinkstock)
Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker ganas yang menyerang wanita. Kanker ini memang sering ditemukan pada wanita-wanita yang sering merokok, minum alkohol, berhubungan seksual diusia dini (sekaligus bergonta-ganti pasangan), dan tidak menjaga kebersihan organ intimnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan