Kapan Balita Bisa Bernyanyi Seperti Anak Dwi Handa?

4 Januari 2023 14:32
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Dwi Handa bersama kedua anaknya. Foto: Instagram/@dwihandaanda
zoom-in-whitePerbesar
Dwi Handa bersama kedua anaknya. Foto: Instagram/@dwihandaanda
Melihat balita mempunyai keterampilan baru setiap harinya membuat orang tua merasa bahagia, bangga, sekaligus terharu. Apalagi, jika anak mulai ceriwis karena perkembangan bahasanya semakin meningkat.
Bisa bernyanyi menjadi salah satu contoh bahwa perkembangan bahasa anak berjalan dengan baik. Misalnya saja seperti anak kedua selebgram, Dwi Handa yang kini berusia 17 bulan dan sedang gemar bernyanyi.
Lewat salah satu unggahan di laman Instagram pribadinya, Dwi membagikan momen saat putri keduanya, Ilaya bernyanyi lagu ‘Kereta Api.’
Dalam video tersebut, tampak Ilaya menyanyikan lagu ‘Kereta Api’ sambil menggerakkan mainan mobilnya. Meski artikulasinya belum jelas, tapi, Ilaya mampu lho menyanyikan lagu itu hingga akhir. Hebat, ya, Moms!
Lantas, kapan sih kira-kira anak usia balita mulai bisa bernyanyi seperti Ilaya?

Kapan Balita Mulai Bisa Bernyanyi?

Ilustrasi anak bernyanyi. Foto: MIA Studio/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak bernyanyi. Foto: MIA Studio/Shutterstock
Moms, sebenarnya si kecil sudah mempunyai kemampuan berbahasa sejak pertama kali dilahirkan. Namun, mereka hanya mampu mengucapkan ocehan tidak jelas atau sering disebut dengan kumur-kumur. Di usia balita barulah anak mulai berbicara dengan jelas secara perlahan.
Mengutip Mom Junction, bayi atau balita usia 13-18 bulan setidaknya sudah bisa berbicara lebih dari 10 kata dasar. Misalnya saja menyebutkan mainan, baju, sepatu, tidur, makan, dan lainnya. Si kecil juga mulai mahir untuk merangkai kata-kata menjadi kalimat pendek. Sementara, balita usia 19-24 bulan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak mencapai 50 kosakata.
Dalam hal bernyanyi, si kecil sudah bisa mengenal bentuk irama sejak masih di dalam kandungan lho, Moms. What to Expect melansir, kemampuan mendengar anak sudah terlatih sejak dia mendengarkan irama detak jantung ibunya dari dalam rahim.
Ilustrasi anak bernyanyi. Foto: paulaphoto/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak bernyanyi. Foto: paulaphoto/Shutterstock
Selain itu, tidak sedikit juga orang tua yang memang sengaja melatih pendengaran buah hatinya sejak masa kehamilan dengan bernyanyi, memutar musik, atau membacakan buku untuknya. Sebab hal tersebut dinilai dapat membuat bayi merasa lebih tenang di dalam sana.
Mengutip Romper, balita mulai mencoba bernyanyi mengikuti musik yang didengar sejak usia 15 bulan. Kendati demikian, mereka biasanya masih belum mampu memilih nada individu dengan baik di dalam lagu yang ingin disenandungkan atau didengar. Tak perlu khawatir, seiring pertumbuhannya si kecil akan mampu bernyanyi dengan irama yang stabil dan artikulasi lebih jelas, Moms.