Mom9 September 2020 9:58

Kapan Bayi Mulai Menunjuk?

Konten Redaksi kumparan
Kapan Bayi Mulai Menunjuk?  (314719)
Ilustrasi bayi perempuan. Foto: Shutter Stock
Ada banyak tonggak perkembangan bayi yang perlu diperhatikan orang tua. Sayangnya, kita seringkali hanya mengamati hal-hal besar saja. Misalnya kemampuan bayi merangkak, berjalan dan bicara.
ADVERTISEMENT
Padahal pada tahun pertama hidupnya, bayi mengembangkan banyak kemampuan lain yang tidak hanya menggemaskan untuk diperhatikan namun juga sangat penting untuk keseluruhan perkembangannya. Salah satunya adalah kemampuan bayi menunjuk! Umur berapa ya, bayi bisa melakukannya?
Kapan Bayi Mulai Menunjuk?  (314720)
Bayi menunjuk. Foto: Shuterstock

Bayi Menunjuk Bukan Sesuatu yang Mudah

Menunjuk mungkin tampak sederhana bagi Anda, tapi gerakan tersebut bukan sesuatu yang mudah lho. Mengutip Parents, penelitian menunjukkan gerakan tersebut dapat diartikan bahwa bayi sadar dengan peristiwa masa depan dan masa lalu. Ketika Anda melakukan gerakan ini, si kecil dengan cepat mengetahui bahwa Anda sedang mencoba mengatakan sesuatu padanya.
Nah Moms, biasanya bayi akan mulai mengarahkan perhatian Anda dengan cara ini pada usia 18 bulan. Ketika keterampilan ini mulai berkembang, beberapa bayi mungkin menjadi penunjuk, sementara yang lain hanya mengarahkan orang dewasa ke objek yang diinginkannya saja.
ADVERTISEMENT

Cobalah untuk Selalu Antusias

Kapan pun anak Anda mencoba untuk menunjuk, berilah respon dengan antusias, Moms. Dengan merespon gerakannya tersebut, Anda akan memperkuat pemahamannya dan memberdayakannya untuk terlibat dengan Anda. Membaca dan menyanyi bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kemampuannya ini.
Membaca bisa membuat bayi Anda menunjukkan gambar di buku, atau bila bernyanyi Anda bisa menggerakkan tangan mengikuti irama musik. Dengan begitu anak bisa melihat bahwa menggunakan jari itu menyenangkan dan hal tersebut bisa melatih kemampuan ototnya.
Kapan Bayi Mulai Menunjuk?  (314721)
Bayi menunjuk. Foto: Shuterstock

Jadikan Isyarat Bahasa untuk Bayi

Mampu menunjuk memiliki beberapa keuntungan tersendiri bagi anak Anda. Pada akhirnya si kecil memiliki visual untuk mengkomunikasikan apa yang dia inginkan, sehingga dia tidak perlu susah payah untuk memberitahu Anda apa yang diinginkannya.
ADVERTISEMENT
Ditambah, ini adalah batu loncatan untuk menuju perkembangan bahasa bayi. Saat dia menunjuk ke suatu objek, beritahu dia apa itu dan apa fungsinya. Setelah keterampilan ini semakin baik, lambat-laun, kemampuan verbal anak juga akan berembang pesat.
Meski begitu Anda tetap perlu waspada jika anak masih sulit berkomunikasi atau tidak menunjukkan perkembangan fisik yang baik hingga usia 18 bulan. Jika ini terjadi, bicarakan dengan dokter anak Anda ya, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white