Mom
·
17 Mei 2021 9:05

Kapan Boleh Mengejan saat Melahirkan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapan Boleh Mengejan saat Melahirkan? (37902)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil akan melahirkan. Foto: Shutterstock
Jika saat ini Anda sedang hamil anak pertama, mungkin banyak pertanyaan soal persalinan yang membuat penasaran. Salah satunya, soal kapan boleh mengejan saat melahirkan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, saat proses melahirkan, ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengejan. Mengejan perlu tepat waktu agar perineum atau otot, kulit, dan jaringan yang ada di antara vagina dan anus tidak robek.
Yuk, pahami kapan sebaiknya Anda mengejan saat melahirkan.

Penjelasan soal Kapan Boleh Mengejan saat Melahirkan

Kapan Boleh Mengejan saat Melahirkan? (37903)
searchPerbesar
Kapan Boleh Mengejan saat Melahirkan Foto: Shutterstock
Saat melahirkan, ibu sebaiknya tidak mengejan sebelum kondisi serviks sudah melebar 10 cm dan bayi bergerak semakin rendah ke arah jalur lahir. Pasalnya mengejan sebelum tercapainya kondisi ini dapat menyebabkan pembentukan caput di kepala bayi dan leher rahim akan membengkak. Jadi, tunggu lah hingga pembukaan sudah sempurna.
Lantas, apa sebenarnya yang akan dirasakan ibu saat tiba waktunya untuk mengejan?
Mengutip What to Expect, biasanya beberapa ibu hamil akan merasakan kontraksi yang semakin intens dan adanya dorongan dari dalam tubuh untuk mengejan.
ADVERTISEMENT
Selain harus mengejan di waktu yang tepat, Anda juga harus paham cara mengejan yang benar. Biasanya Anda akan dibantu bidan atau dokter untuk bersiap dalam posisi mengejan ketika proses melahirkan. Jadi ikuti arahan tenaga medis yang mendampingi persalinan Anda, Moms.