Mom
·
15 Februari 2021 16:10

7 Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan, Ibu Hamil Perlu Tahu!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan, Ibu Hamil Perlu Tahu! (337455)
searchPerbesar
Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan Foto: Shutterstock
Menjalin ikatan dengan si kecil bisa ibu hamil lakukan sejak bayi di dalam kandungan. Ya Moms, membangun ikatan dengan janin saat hamil sangat bermanfaat. Dengan begini, proses adaptasi ibu dan bayi setelah persalinan dapat berjalan lebih lancar.
ADVERTISEMENT
Untuk menjalin ikatan dengan bayi di dalam kandungan, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Cara-cara ini lebih menekankan untuk memperbanyak berkomunikasi dengan janin. Seperti apa?

Cara Menjalin Ikatan dengan Bayi di dalam Kandungan

7 Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan, Ibu Hamil Perlu Tahu! (337456)
searchPerbesar
Cara Menjalin Ikatan dengan Bayi di dalam Kandungan Foto: Shutterstock
1.Berbicara dengan bayi
Laman American Pregnancy Association, organisasi kesehatan nasional Amerika Serikat, melansir beberapa cara untuk menjalin ikatan dengan bayi di dalam kandungan. Yang pertama, berbicara dengan si kecil.
Ibu hamil dapat berbicara dengan bayi di dalam kandungan dengan nada yang tenang dan penuh kasih. Sehingga saat lahir, dia akan segera mengenali suara ibunya. Anda bisa bercerita soal keseharian atau hal menyenangkan lainnya, jangan lupa untuk selalu mengatakan “Ibu sayang kamu.”
2.Bernyanyi
Bayi di dalam kandungan sangat menyukai suara ibunya, karena sangat menenangkan bagi mereka. Sehingga coba nyanyikan lagu anak-anak atau lagu favorit Anda, bayi di dalam kandungan akan menikmatinya dan mungkin akan mengenali lagu-lagu yang Anda nyanyikan begitu ia lahir.
7 Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan, Ibu Hamil Perlu Tahu! (337457)
searchPerbesar
ilustrasi ibu hamil membaca buku Foto: Shutterstock
3.Baca buku
ADVERTISEMENT
Coba juga untuk membacakan buku untuk si kecil, karena suara Anda saat membacakan buku sangat menyenangkan dan menenangkan bagi janin. Baca lah buku dengan suara keras setiap malam agar bayi terbiasa dengan rutinitas malam hari.
4.Meditasi
Tidak ada salahnya untuk mencoba meditasi dengan posisi tangan bertumpu pada perut agar bayi tenang. Kemudian, fokuskan diri pada ikatan bersama bayi, sehingga bayi akan fokus pada detak jantung Anda saat membuat koneksi. Jangan lupa untuk menarik napas dalam yang menenangkan, Moms.
7 Cara Jalin Ikatan dengan Bayi di Dalam Kandungan, Ibu Hamil Perlu Tahu! (337458)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil Foto: Shutterstok
5.Usap perut
Usap perut Anda sesering mungkin dan coba lah mengusapnya sambil bicara. Anda juga bisa berbicara kepada bayi di dalam kandungan sambil menggosokkan minyak zaitun ke perut untuk mencegah stretch mark. Katakan juga kepada si kecil soal harapan dan impian Anda kepadanya.
ADVERTISEMENT
6.Membuat gambar di perut
Buatlah gambar di perut menggunakan cat atau pewarna yang aman dan tidak beracun. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjalin ikatan bersama bayi di dalam kandungan.
Selain itu, Anda dapat menunjukkan kepada bayi setelah ia lahir soal gambar-gambar yang dibuat di perut, dan ceritakan lah bahwa si kecil ikut andil menggambarnya.
7.Menulis jurnal kehamilan
Mulailah menulis jurnal kehamilan, lalu bacakan setelah Anda selesai membuatnya. Ketika bayi sudah lahir, Anda bisa membaca ulang jurnal tersebut bersama si kecil.