kumparan
1 November 2019 12:57

Kapan Gigi Geraham Anak Tumbuh?

Ilustrasi Gigi
Ilustrasi Gigi Foto: Shutter Stock
Melihat gigi anak tumbuh pasti rasanya menggemaskan ya, Moms? Deretan gigi putih mungil itu berjejer di mulutnya sehingga membuat senyum si kecil makin terlihat lucu.
ADVERTISEMENT
Tapi gigi anak masih harus tanggal terlebih dahulu sebelum akhirnya tumbuh menjadi gigi permanen. Bila gigi depan lebih mudah terlihat oleh Anda, bagaimana dengan gigi geraham? Kapan waktu gigi tersebut harus tumbuh dan tanggal?
Gigi geraham merupakan gigi yang terletak di bagian paling belakang. Dengan ciri memiliki permukaan luas dan rata serta bertugas untuk menghancurkan makanan, Moms.
Menurut laman Children's Wisconsins, gigi geraham susu bagian atas tumbuh pertama kali saat si kecil berusia sekitar 15,7 bulan. Kemudian tanggal ketika usianya menginjak 10,5 tahun.
Ilustrasi gigi susu anak.
Ilustrasi gigi susu anak. Foto: Shutterstock
Sementara untuk bagian bawah, gigi geraham susu akan tumbuh ketika anak berusia 15,1 bulan. Dan akan lepas ketika berusia 10 tahun, Moms.
Lebih lanjut, gigi geraham permanen anak bagian atas tumbuh ketika usianya 6,3 tahun. Lalu untuk yang bawah tumbuh saat si kecil berusia 6,05 tahun. Sedangkan gigi geraham ketiga atau wisdom teeth biasanya saat anak sudah dewasa, yakni 17 hingga 21 tahun.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, dilansir dari Stanford Children’s Health, setiap gigi anak tumbuh di waktu yang berbeda-beda. Jadi jangan bandingkan anak Anda dengan yang lain, karena ada faktor genetik yang turut ikut serta mempengaruhinya.
Karena letaknya di belakang, sehingga saat tumbuh kerap tak disadari orang tua dan anak. Terlebih bila tak ada masalah di mulut, misalnya karena kebersihan yang terjaga, karenanya jarang sampai membuat si kecil kesakitan.
Ilustrasi dokter gigi memeriksa gigi anak
Ilustrasi dokter gigi memeriksa gigi anak Foto: Shutter Stock
Sebaliknya, untuk beberapa anak mungkin akan merasa tidak nyaman hingga kesakitan. Bahkan ada juga yang disertai dengan pusing, sakit pada telinga atau rahang yang terjadi dalam beberapa hari.
Pada momen seperti ini, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakitnya, Moms, misalnya: memijat gusi anak dengan lembut menggunakan jari yang bersih, sementara waktu memberikan makanan atau minuman dingin. Lalu bisa juga dengan menyuruhnya kumur menggunakan air hangat yang dicampur garam hingga memotong makanannya menjadi beberapa bagian atau ukuran yang lebih kecil.
ADVERTISEMENT
Lalu kapan anak perlu dibawa ke dokter gigi? American Academy merekomendasikan untuk membawa anak ke petugas kesehatan saat panas si kecil mencapai 40 derajat Celsius, tampak kesakitan luar biasa, hingga diare yang mengandung darah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan