Mom
·
20 Juli 2021 16:27
·
waktu baca 1 menit

Kegunaan Baby Oil untuk Bayi Baru Lahir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kegunaan Baby Oil untuk Bayi Baru Lahir (99578)
searchPerbesar
Ilustrasi baby oil untuk bayi baru lahir Foto: Shutterstock
Baby oil merupakan satu dari berbagai produk perawatan bayi yang umumnya dibeli ibu bahkan sejak masih hamil. Ya Moms, baby oil merupakan minyak mineral yang dibuat untuk merawat kulit bayi. Tentunya, baby oil memiliki kandungan yang aman digunakan bahkan oleh bayi baru lahir.
ADVERTISEMENT
Tak hanya aromanya yang harum dan menenangkan, baby oil memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit bayi. Dilansir WebMD, baby oil diketahui mengandung mineral alami dan lanolin, yaitu lilin yang terdapat di kulit domba. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kulit bayi kering, bersisik, hingga mengobati iritasi.
Selain itu, baby oil juga dikenal mengandung ekstrak lidah buaya dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Sehingga, tak heran apabila orang tua memiliki baby oil sebagai salah satu produk perawatan bayi.
Lantas, apa saja kegunaan baby oil untuk bayi baru lahir?
Dikutip dari Very Well Family dan Mom Junction, berikut ini deretan kegunaan baby oil untuk bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui, Moms.
ADVERTISEMENT

Kegunaan Baby Oil untuk Bayi Baru Lahir

1. Melembapkan kulit
Kegunaan Baby Oil untuk Bayi Baru Lahir (99579)
searchPerbesar
Ilustrasi baby oil untuk bayi. Foto: Shutterstock
Beberapa bayi baru lahir memiliki kulit yang kering dan bertekstur kasar. Penggunaan baby oil bisa mengatasi masalah tersebut, Moms. Baby oil mengandung vitamin E yang dapat mengatasi masalah kulit kering dengan memberikan kelembapan alami. Anda bisa mengoleskan baby oil langsung ke area tubuh bayi atau meneteskannya ke dalam bak mandi si kecil, untuk mendapatkan kulit yang lembap dan halus. Namun, Anda harus berhati-hati agar baby oil tidak mengenai area wajah bayi karena kulitnya lebih sensitif.
2. Menyembuhkan ruam
Baby oil mengandung lidah buaya dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit, salah satunya untuk menyembuhkan luka akibat ruam dan alergi. Bayi baru lahir sering kali mengalami alergi dan ruam karena masih menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mengoleskan baby oil pada area alergi dapat membantu menyembuhkannya.
ADVERTISEMENT
3. Menghilangkan kerak di kepala
Kegunaan Baby Oil untuk Bayi Baru Lahir (99580)
searchPerbesar
Ilustrasi cradle crap pada bayi. Foto: Shutter Stock
Bayi baru lahir sering kali mempunyai kerak di kulit kepalanya atau biasa dikenal dengan cradle crap. Sebenarnya, ini merupakan hal yang normal terjadi pada bayi baru lahir. Tapi tidak ada salahnya untuk membersihkannya dengan baby oil. Sifat melembapkan dari baby oil akan membantu mengatasi kekeringan di kulit kepala bayi.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis